Sukses

Diare Pada Anak
11 Jul 2019, 17:31 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat siang dokter, saya mau cerita nih dok, anak saya usia 22 bulan sudah 2 minggu ini kok BAB nya encer terus ya dok, sehari bisa sampai 5 kali. tapi makan normal minum susu juga normal, awalnya di minggu pertama memang agak susah makan tp kemudian normal lagi, berat badanya jg tidak menurun, anaknya juga ceria . tapi saya sebagai orang tua khawatir karena BAB nya encer terus. pertanyaan saya kira2 apa ya penyebabnya, apa mungkin dari susunya, tapi saya gak ganti juga kok susunya. lalu apakah ada dampak yang negatif lain? anak saya ini punya kebiasaan ngemut jari jempol . dan ini susah di hilangkan dok. mohon advisenya dok. Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kebiasaan mengemut jempol memang berisiko menyebabkan masuknya kuman ke mulut, namun umumnya tidak sampai menjadi diare. Tetap saja, kebiasaan itu harus perlahan-lahan dihilangkan agar tidak menjadi pintu masuk ke tubuh. 

Bila tidak ada perubahan jenis susu, Anda juga bisa meneliti jenis makanan yang dikonsumsi sebelum diare. Apakah makanan tersebut merupakan makanan yang dimasak dari luar? Sebab, bisa saja kuman datang dari cara pengolahan yang kurang bersih. Atau, bila si kecil tidak pernah mengonsumsi makanan dari luar rumah, apakah si kecil sudah cuci tangan dengan sabun sebelum makan? Apakah orang yang memasak makanan juga telah menjaga kadar kebersihan pengolahan makannya dengan baik?

Diare yang sudah mencapai 5x sehari bisa berisiko menyebabkan dehidrasi. Namun, bila asupan makan dan minumnya bagus, maka tidak perlu khawatir. Hanya, bila sudah mencapai 2 minggu terus menerus diare 5x sehari, sebaiknya si kecil diperiksakan ke dokter anak. Bila diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap si kecil.

Berikut kami sampaikan tips umum mengatasi anak yang diare:

1. Cairan

Berikan anak banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi, terutama jika anak mengalami diare yang disertai muntah. Idealnya, anak harus minum banyak cairan yang mengandung air, garam, dan gula. Contohnya adalah air yang dicampur dengan jus dan sup kaldu.

Jangan berikan minuman bersoda karena dapat membuat diare menjadi lebih buruk. Cairan elektrolit atau air garam lebih diprioritaskan untuk menggantikan cairan yang hilang, terutama diare yang disertai muntah. Selain itu, ASI harus tetap diberikan.

2. Makanan

Bubur atau makanan yang berkuah lebih disarankan dibandingkan makanan padat kering. Jika anak tidak mau, berikan makanan apa saja yang ia mau. Hindari makanan yang berlemak dan pedas.

3. Obat

Obat-obatan diare yang diperlukan anak terutama adalah probiotik dan zinc. Dapatkanlah dengan berkonsultasi pada dokter anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar