Sukses

Buteyko Baik Untuk Asma?

11 Jul 2019, 17:14 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi, dok. Saya ingin bertanya mengenai buteyko breathing apakah baik untuk penderita asma? Kebetulan sepupu saya (laki-laki) sudah mengidap asma sejak kecil sekitar umur 3 tahun. Terima kasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Sampai sejauh ini masih ada sedikit penelitian yang mengatakan bahwa terapi buteyko dapat membantu pengontrolan asma. Secara teori, tehnik pernafasan Buteyko adalah nasal breathing (pernafasan hidung), sehingga efek turbulensi disaluran nafas yang diakibatkan oleh penyempitan jalan nafas akan berkurang sehingga ventilasi-perfusi didalam paru akan meningkat.

Tetapi yang perlu diketahui adalah bukan terapi buteyko yang membantu menyembuhkan asma. Asma merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan melainkan hanya bisa di kontrol. Bagaimana caranya agar tidak mudah kambuh? Lakukan beberapa hal dibawah ini :

1. Ketahui pencetusnya dan hindari. Biasanya serangan asma terjadi kalau ada pemicunya dan setiap orang bisa berbeda - beda. Misalnya karena debu dan dingin. Bahkan pikiran yang stress, serangan panik juga dapat memicu serangan asma

2. Olahraga secara rutin. Olahraga dengan rutin akan membantu melatih dan memperkuat otot - otot pernafasan. Anda bisa melakukan olaharaga sesuai kemampuan Anda, jangan di paksakan jika sudah lelah. Olahraga yang bisa di lakukan antara lain berenang, bersepeda santai, jalan santai. 

3. Hindari paparan asap rokok. Rokok musuh utama bagi penderita asma, sebisa mungkin hindari paparannya.

4. Kontrol rutin ke dokter. meski tidak ada keluhan, evaluasi keadaan tetap harus dilakukan. setidaknya 6 bulan sekali melakukan pemeriksaan rutin.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar