Sukses

Haid Sedikit Setelah Memakai IUD

11 Jul 2019, 16:48 WIB
Wanita, 27 tahun.

Assalamu'alaikum dok.. Mohon maaf saya mau bertanya,.. Saat ini sy menggunakan IUD cop T, sudah 1tahun..biasanya Haid lebih banyak dan lebih lama dari sebelum pakai IUD, tp, 2 bulan belakangan hanya keluar darah sedikit2 bahakn bulan ini sudah hampir 2 minggu.. Yang ingin sy tanyakan, apa ini termasuk efek dari IUD atau bagaimana ya dok?? Terimakasih banyak.. 🙏

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya seputar efek samping IUD dengan menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Efek samping  dari metode kontrasepsi IUD (spiral) copper T adalah nyeri, perdarahan dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Jika efek samping tersebut tidak muncul maka Anda tidak perlu khawatir artinya Anda cocok menggunakan KB IUD. Menstruasi yang banyak keluar bukanlah manfaat dari KB IUD namun merupakan efek samping yang memang tidak diinginkan untuk terjadi.

Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda saat ini?

Yang perlu Anda perhatikan adalah dalam pemakaian KB IUD, memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu  1 bulan pascapemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti jenis KB.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar