Sukses

Mengatasi Asam Urat yang tinggi
11 Jul 2019, 15:41 WIB
Pria, 27 tahun.

Assalamualaikum. Saya mempunyai masalah dengan asam urat tinggi dokter, kalau lagi kumat sakitnya luar biasa. Apa yang harus saya lakukan agar lekas sembuh? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar mengatasi asam urat yang tiggi melalui fitur Tanya Dokter.

Penanganan Asam Urat yang meningkat atau biasa disebut Gout Arthritis, mencakup perubahan gaya hidup dan penggunaan obat-obatan. Obat-obatan untuk menangani gout dapat dipergunakan saat serangan akut ataupun untuk pencegahan serangan, serta mengurangi risiko komplikasi.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi serangan akut gout dan mencegah serangan berikutnya:

  • Obat antiinflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen, naproksen, celecoxib, dsb.
  • Colchicine.
  • Kortikosteroid.

Obat-obatan untuk mencegah komplikasi gout:

Bila Anda mengalami beberapa serangan akut gout dalam setahun, atau bila jarang mengalami serangan akut namun saat serangan sangat nyeri, dokter akan merekomendasikan obat-obatan untuk mengurangi risiko komplikasi akibat gout, antara lain:

  • Obat-obatan yang menekan produksi asam urat, disebut sebagai inhibitor xanthine oksidase, yang termasuk dalam c obat ini adalah allopurinol. Obat ini dapat membatasi jumlah asam urat yang diproduksi oleh tubuh, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dan menurunkan risiko gout.
  • Obat yang bekerja dengan memperbaiki pembuangan asam urat, yaitu probenecid. Obat ini meningkatkan kemampuan ginjal untuk membuang asam urat dari tubuh.

Obat-obatan memang merupakan pengobatan yang terbukti paling efektif untuk menangani gejala gout. Namun, perubahan gaya hidup juga dapat membantu seperti:

  • Batasi asupan alkohol dan minuman yang diberi pemanis fruktosa.
  • Batasi makanan tinggi purin, seperti daging merah, hati, jeroan dan organ dalam lainnya, serta makanan laut.
  • Olahraga teratur dan turunkan berat badan.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar