Sukses

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gigi Kuning
09 Jul 2019, 21:01 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok saya mau bertanya kenapa ya gigi saya semakin lama makin menguning padahal saya rajin menggosok gigi dan gimana cara memutihkan nya kembali. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya seputar penyebab gigi menguning dan cara mengatasinya melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang menguning dapat disebabkan oleh 2 faktor, yaitu noda ekstrinsik dan noda instrinsik. Noda ekstrinsik berasal dari asupan makanan dan minuman yang memengaruhi permukaan enamel, yakni lapisan gigi yang keras dan terluar. Contohnya seperti kopi, anggur atau teh. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok dan mengunyah tembakau juga dapat membuat gigi menjadi kuning. Sedangkan noda instrinsik adalah noda yang berasal dari dalam tubuh dan sulit untuk dihilangkan. Contohnya seperti penggunaan antibiotika atau efek dari perawatan kemoterapi.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memutihkan kembali warna gigi anda adalah dengan :

1. Sikat gigi teratur. Tindakan yang satu ini dipastikan dapat membuat gigi anda tetap bersih sehingga warnanya pun cerah. Sikatlah gigi menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Lakukan minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakan metode Bass dalam penyikatan gigi anda. Dijamin kebersihan gigi anda akan tetap terjaga.

2. Gunakan pasta gigi pemutih mengandung carbamide peroxide atau hydrogen peroxide. Pasta gigi mengandung bahan-bahan ini terbukti dapat memutihkan dan membersihkan permukaan gigi dari noda yang berasal dari makanan dan minuman sehari-hari.

3. Baking Soda (Sodium Bicarbonate). Baking soda memiliki butiran halus yang dapat membantu membersihkan noda yang menempel pada permukaan gigi. Namun penelitian menunjukkan bahwa menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung sodium bicarbonate memberikan hasil yang lebih baik dibanding mencampur pasta gigi anda dengan baking soda.

4. Bersihkan karang gigi dan noda gigi di dokter gigi. Tindakan yang disebut Scaling ini adalah wajib hukumnya dilakukan minimal 6 bulan sekali, 2 kali dalam setahun. Karang gigi dan noda pada gigi termasuk sela-sela gigi akan hilang seketika. Untuk noda gigi yang parah bisa digunakan larutan stain remover untuk membersihkan gigi sampai ke pori-porinya dari noda yang sulit dibersihkan. Mintalah dokter gigi untuk menggunakan stain remover untuk menghilangkan stain atau noda gigi yang sulit dihilangkan.

5. Jaga dan batasi konsumsi makanan penyebab noda gigi. Kopi, red wine, buah beri dan minuman bersoda lainnya tetap dapat anda nikmati dalam batasan yang wajar, hanya saja anda HARUS selalu membilasnya dengan air putih. Lalu tunggu 30 menit sebelum anda menyikat gigi untuk melindungi enamel agar tidak terkikis dan larut.

6. Hentikan kebiasaan merokok. Asap rokok membuat warna gigi menjadi gelap dan meninggalkan noda yang sebagian besar terdapat pada permukaan gigi bagian dalam.

Baca juga artikel terkait :

- Penyebab Gigi Kuning yang Mungkin Belum Anda Ketahui

- 7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

- Gimana Sih Cara Memutihkan Gigi?

- Bisakah Gigi Kembali Putih Hanya dengan Menyikat Gigi?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar