Sukses

Perawatan Gigi Berlubang
08 Jul 2019, 10:05 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok , awal nya saya sakit gigi berlubang trus saya datang ke dokter gigi trus saya berkonsultasi ke dokter nya pada gigi saya ini baik nya dicabut atau ditambal , trus dokter nya mengajukan untuk ditambal dan dokter nya pun menyiapkan alat proses penambalan sprti kapas yg di masukin ke gigi yg berlubang, trus gigi saya di bersihkan dan alat semprot gigi itu pas disemprot terasa nyeri . trus sprit salab bentuk nya yg dimasukin didalam gigi .. pertanyaan saya , gimana persedur seharusnya apakah gigi berlubang bisa langsng ditambal tanpa memberi obat dahulu atau sprti apakah proses nya ?

Terima kasih sudah bertanya seputar tahapan perawatan gigi berlubang melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang berlubang memang sebaiknya segera dilakukan perawatan agar lubang tidak bertambah lebar dan dalam. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum menentukan perawatan apa yang harus dilakukan. Jika lubang tidak terlalu dalam dapat langsung dilakukan penambalan, dokter akan membungan jaringan-jaringan yang tidak sehat pada gigi yang berlubang kemudian dibersihkan dan dikeringkan baru setelahnya diberikan bahan tambalan.

Namun, jika lubang sudah menembus rongga pulpa dimana pada rongga tersebut berisi syaraf dan pembuluh darah, maka perlu dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu sebelum ditambal tetap. Saluran akar akan dibersihkan terlebih dahulu dan diberikan obat agar steril dari bakteri dan kuman-kuman. Jika rongga sudah berisi, saluran akar akan diisi oleh obat kemudian baru dilakukan penambalan atau pembuatan mahkota tetap.

Pada perawatan ini memang dibutuhkan kesabaran sebab perawatan ini memerlukan beberapa kali kunjungan hingga saluran akar benar-benar bersih dari kuman.

Baca juga artikel terkait :

- Kapan Perlu Menambal Gigi?

- Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

- Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

- Perawatan Saluran Akar

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar