Sukses

Solusi Gigi Ngilu Karena Pecah
08 Jul 2019, 09:10 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok, saya mau bertanya sedikit.. gigi geraham bagian atas sebelah kanan saya mengalami pecah bagian pinggirnya jika di pegang kadang ngilu.. Solusinya bagaimana ya dok ? geraham bagian kiri atas kemarin juga begitu, tetapi bagian kiri atas sudah saya cabut sendiri..

Terima kasih sudah bertanya seputar solusi gigi ngilu karena pecah melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan gigi ngilu muncul disebabkan ruang pulpa yang terbuka. Dimana pada ruang tersebut berisi syaraf dan pembuluh darah sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar atau perawatan syaraf terlebih dahulu. Perawatan ini dimaksudkan untuk mempertahankan gigi agar dapat berfungsi kembali di dalam mulut.

Biasanya ditujukan untuk mensterilkan saluran akar gigi pada gigi yang patah maupun yang keropos dimana kerusakannya sudah mencapai kamar saraf yang telah terkontaminasi kuman ataupun telah terbuka. Prosedur ini bila dilakukan oleh dokter gigi umum maupun dokter gigi spesialis konservasi dengan beberapa kali kunjungan. Setelah itu baru bisa ditambal atau dibuatkan gigi palsu yang cekat.

Memang perawatan ini memerlukan kesabaran baik dari dokter gigi maupun pasien, karena biasanya penyelesaiannya membutuhkan lebih dari satu kali kunjungan. Biayanya pun tidak kecil. Namun setidaknya dapat memperpanjang usia gigi tersebut berada dalam mulut agar tidak perlu dicabut. Karena memakai gigi palsu pasti senyaman dengan gigi aslinya. 

Baca juga artikel terkait :

- 5 Penyebab Gigi Ngilu Terus-menerus

- Gigi Patah, Berbahayakah Bila Dibiarkan?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai solusi gigi ngilu karena pecah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar