Sukses

Batuk pilek berulang pada anak

05 Jul 2019, 18:46 WIB
Wanita, 32 tahun.

Sore Saya memiliki anak usia 13 bulan jenis kelamin laki. Kenapa ya dok akhir-akhir ini sering sakit batuk pilek dan demam. padahal sudah ke dokter tapi masih saja. apa penyebabnya, makan obat apa yang manjur dan harus apa kita sebagaimana ortu. Thanks

Terima kasih telah bertanya seputar batuk pilek berulang pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter.

Batuk pilek pada anak yang bertahan kurang dari tiga minggu sebenarnya merupakan penyakit ‘ringan’ yang dapat sembuh dengan sendirinya. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir, bahkan jika anak mengalami kondisi ini berulang kali. Batuk pilek merupakan kondisi yang wajar dialami oleh anak, terutama jika usianya masih berada di bawah 7 tahun. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh anak di usia tersebut masih belum terbentuk dengan sempurna. Selain itu, anak ‘kecil’ juga belum dapat menjaga kebersihan dengan baik. Tak heran, mereka sangat rentan terkena batuk pilek berulang. Normalnya, anak dapat mengalami 6–10 kali episode batuk pilek dalam satu tahun. Jumlah ini akan terus berkurang seiring dengan pertambahan usia, karena sistem kekebalan tubuh anak juga akan semakin kuat. Pada akhirnya, saat beranjak remaja hingga dewasa, anak hanya akan mengalami 2–4 episode batuk pilek dalam setahun.

Terdapat beberapa hal yang dapat mencetuskan batuk pilek berulang pada anak, di antaranya:

  • Infeksi virus
  • Alergi
  • Asap rokok yang ada di sekitar anak. Jika orangtua maupun saudara ada yang merokok, pastikan mereka tidak memegang, menggendong, maupun mencium anak anda sebelum mandi dan ganti baju karena sisa dari pembuangan rokok akan menempel di badan dan baju dan membuat batuk pilek lebih mudah tertular dan lama sembuh.

Biarkan anak beristirahat. Gunakan humidifier (pelembap udara) di kamar anak untuk memudahkannya bernapas dan rileks. Jika anak tidur, tinggikan posisi kepalanya untuk memudahkannya bernapas sewaktu batuk melanda. Jika anak terbangun saat batuk, berikan ia minuman hangat. Minuman hangat dapat mengencerkan lendir yang menempel di tenggorokan.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai batuk pilek berulang pada anak. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar