Sukses

Serangga Triatoma

05 Jul 2019, 12:41 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok sy mengalami gatal panas n bengkak d beberapa area tangan, lengan, kaki, n punggung bawah dekat tulang belakang, perut samping. Setelah bangun tidur 5 kali dalam waktu yg berbeda, yg pertama tidak sy periksakan k dokter, tp sy tangkap n buang hewannya, yg ke2 sy k dokter karna pas muncul sy nggak mendapati hewannya dan dsertai dada nyeri sekali tangan ngilu hingga sy pikir alergi kemudian pergi k dokter umum, dikatakan sy kena bulu ulat yg jelas bukan alergi tp dari faktor luar, kemudian dberi antibiotik n obat gatal. Kejadian ke3 ke4 tidak saya bawa k dokter, kejadian ke5 kalinya sy menemukan hewannya dan baru sy tau klo tu hewan adalah serangga triatoma, dan baru sy tau klo dia menghisap darah n bs membawa parasit yg sangat berbahaya penyebab chagas yg susah disembuhkan. Lalu sy pun k dokter cerita, n minta klo bs dkasih surat tes darah/ parasit, tp kata beliau gk bs d cek parasit dalam darah, n katanya nggak papa n dikasih antibiotik. Yg mau sy tanyakan apakah dokter tersebut sudah benar? Apakah triatoma di indonesia tidak membawa parasit penyebab chagas? Jd klo digigit triatoma d indonesia apa hanya mengalami luka kulit saja n tidak berpengaruh dalam tubuh? Apakah sy perlu periksa k dokter lain? Thank u...

Terima kasih telah bertanya tentang Serangga Triatoma melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Serangga Triatoma (kissing bug) merupakan penyebab dari Penyakit Chagas. Pada penyekit ini, serangga tersebut menyebarkan sejenis parasit ke dalam aliran darah dan bisa berkembang biak di jantung sehingga bisa membuat pembengkakan jantung. Gangguan kesehatan yang terjadi memang tidak langsung terjadi, karena masa inkubasi nya yang cukup lama, bisa dalam hitungan bulan hingga tahun.

Dalam kasus anda, perlu terlebih dahulu dipastikan apakah benar serangga yang menggigit Anda adalah Serangga Triatoma atau jenis serangga lain yang memiliki tampak yang serupa, karena penyebaran dari serangga penyebab penyakit Chagas ini berada di benua Amerika. Untuk mendapat second opinion, boleh saja Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit lainnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Serangga Triatoma. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar