Sukses

perut terasa tidak nyaman atau kencang

04 Jul 2019, 10:16 WIB
Wanita, 26 tahun.

selamat pagi dok, saya bumil dg usia kemhamilan 17 minggu, nah gejala yg saya rasakan sering buang air kecil dan sering timbul rasa tegang di kandung kemih semacam penuh dg air seni atau kadang agak berat du perut bawah, sedangkan di punggung selalu myeri dr awal hamil sampai skrg, apakah normal dok? bagiamana tips untuk mengurangi ketidaknyamanan tsb? trins

Terima kasih telah bertanya seputar perut terasa kencang atau tidak nyaman saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Perut kencang batau terasa penuh atau rasa tidak nyaman yang dirasakan pada trimester kedua biasanya dipicu oleh hal-hal ini:

1. Nyeri round ligament

Saat memasuki trimester kedua, ukuran rahim sudah makin besar sehingga berpotensi menekan dinding-dinding perut dan menimbulkan keluhan perut kencang.

Beberapa jenis ligamen mengelilingi dan menopang rahim selama kehamilan. Salah satunya adalah round ligament yang menghubungkan bagian depan rahim dengan area selangkangan. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, ukuran bayi makin membesar sehingga mengakibatkan peregangan round ligament.

Nyeri yang dirasakan akibat round ligament sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman. Keluhan yang muncul akibat nyeri round ligament ialah nyeri yang tajam dan rasa kencang mendadak di area pusar, menjalar hingga ke perut bagian bawah. Meski demikian, hal ini sangat normal terjadi dalam kehamilan sehingga Anda tak perlu khawatir.

2. Gangguan pencernaan

Perut kembung saat hamil terjadi akibat pengaruh hormon progesteron. Hormon ini menyebabkan kerja saluran cerna dalam mencerna makanan menjadi lebih lambat. Akibatnya, timbul keluhan perut kembung dan konstipasi yang dapat dirasakan sebagai sensasi kencang di perut. Dehidrasi juga dapat menimbulkan keluhan perut kencang saat kehamilan. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengonsumsi cairan yang cukup.

Penyebab perut kencang saat kehamilan cukup beragam. Tidak semua kasus perut kencang ini disebabkan oleh hal-hal yang berbahaya. Untuk mengatasinya sebaiknya anda bisa lakukan kegiatan seperti senam hamil yang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan pada kehamilan anda. Meski demikian, perut kencang selama hamil memang membutuhkan perhatian lebih. Kenali gejala perut kencang yang berbahaya dan segera kunjungi dokter bila mengalaminya.

Berikut beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar