Sukses

Bentol Panas dan Berair

03 Jul 2019, 10:16 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dokter 2 hari ini saya memiliki bentol bening yang panas dan gatal dan jika disentuh sakit seperti cacar dan sudah menyebar sampai ke kulit kepala juga sebelum muncul bintik ini muncul 2 sariawan di gusi dan bibir dan belum kunjung sembuh. Kira kira ini penyakit apa ya dok,orang sekitar saya bilang ini cacar api tapi saya search di internet ada penyakit hmfd. Dan juga saya ingin tanya apakah jika saya mandi menggunakan obat pk bentol ini akan sembuh?

Terima kasih telah bertanya seputar bentol panas berair menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan bentol yang Anda rasakan dapat terjadi karena beberapa hal, dan perlu diperiksa secara langsung untuk mengetahui penyebab dari kondisi yang ada. Banyak sekali penyebab bentol-bentol berair, mulai dari iritasi kulit biasa, alergi sampai infeksi kulit yang perlu diobati seperti infeksi cacar air maupun infeksi virus lainnya seperti flu singapur.

Penyakit, Kaki, Tangan, dan Mulut

Flu singapura atau Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut merupakan infeksi virus ringan yang sangat menular yang sering ditemukan ada anak-anak. Disebut demikian karena gejalanya memang dapat dilihat pada ketiga bagian tubuh tersebut. Pada mulut, muncul bentol berisi air yang kemudian pecah membentuk luka yang bergaung (ulkus) pada lidah, gusi, dan pipi bagian dalam. Luka ini tentunya terasa nyeri sehingga penderita menjadi sulit menelan. Sedangkan pada kulit telapak kaki dan tangan akan muncul lesi-lesi merah yang datar atau benjolan kecil (papul), beberapa seperti gelembung kecil (vesikel) yang tidak disertai rasa gatal. Beberapa dapat ditemukan pada bokong.

Sebetulnya, pada tahap awal penyakit gejala yang ada seperti gejala infeksi virus lainnya, yaitu demam, penurunan nafsu makan, rasa lemas/tidak enak badan (malaise), dan sakit tenggorokan. Rentang waktu antara masuknya virus ke dalam tubuh sampai munculnya gejala biasa 3 - 7 hari. Sedangkan, luka di mulut baru muncul 1 – 2 hari setelah mulainya demam, diikuti oleh lesi pada kulit. Karena merupakan infeksi virus, penyakit ini akan membaik sendiri dalam 7-10 hari ketika antibodi tubuh sudah terbentuk (self-limiting disease).

Walaupun jarang, penyakit ini juga dapat menyerang remaja dan orang dewasa. Namun, karena infeksi yang pertama kali dapat menimbulkan kekebalan atau imunitas, orang dewasa dan anak yang lebih tua, lebih kecil risiko terserang penyakit ini. Virus dapat menyebar sampai berminggu-minggu setelah tanda dan gejala menghilang. Beberapa orang yang mengekskresi virus tersebut, bisa tidak menujukkan tanda atau gejala Penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut.

Karena merupakan self-limiting disease, tidak ada terapi spesifik untuk menangani infeksi ini. Yang penting adalah pencegahan penularan infeksi virus dengan menjaga higienitas diri dan lingkungan. Cuci tangan yang bersih secara teratur, terutama setelah menggunakan toilet atau setelah mengganti popok anak, dan sebelum menyiapkan makanan untuk keluarga. Bersihkan benda-benda di sekitar dengan air dan sabun, kemudian ditambahkan dengan larutan klorin (1/4 cangkir klorin dengan 1 galon air).

Untuk meningkatkan daya tahun tubuh, penderita sebaiknya tetap makan makanan yang bergizi dan banyak beristirahat. Untuk mencegah dehidrasi, dianjurkan minum yang banyak. Susu lebih dipilih daripada minuman yang bersifat asam seperti jus buah dan soda. Sedangkan untuk mengatasi penyerta seperti demam dan nyeri yang ditimbulkan, dapat diberikan obat anti-piretik dan analgetik seperti parasetamol.

Namun untuk memastikan diagnosis keluhan Anda, kami sarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke Dokter untuk mendapatkan kepastian diagnosa dan tata laksana optimal terhadap kondisi yang ada.

Demikian informasi terkait bentol panas berair yang dapat kami sampaikan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar