Sukses

Kulit Bokong dan Pinggang Menghitam

03 Jul 2019, 09:08 WIB
Wanita, 21 tahun.

dokter saya seorang perempuan berusia 21 tahun, saya memiliki keluhan berupa area kulit di pinggang sampai area bokong saya berwarna kehitaman mengikuti bentuk CD, Padahal paha saya sendiri memiliki warna yang lebih putih dok. saya sudah mencoba berbagai produk pemutih namun tidak memberikan hasil, jika ingin ke dokter kulit saya sedikit malu dok, bagaimana mengatasinya ya dok? mohon bantuannya dok karna saya seringkali merasa malu jikalau pakaian saya tersingkap dan daerah pinggang saya terlihat

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar memutihkan kulit menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Lingkar pinggang yang menghitam sering dihubungkan karena pemakaian ikat pinggang atau pemakaian celana yang bahannya tidak menyerap keringat atau tidak cocok dengan kulit. 

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit  yang halus dan cerah  adalah :

·         Bersihkan wajah dan tubuh secara teratur

Bila jenis kulit Anda kering, jangan terlalu sering membersihkan wajah dan berhati-hatilah dalam memilih sabun wajah. Bila jenis kulit Anda berminyak, bersihkan wajah dua kali sehari, terutama setelah berkeringat atau beraktivitas. Jangan lupa segera mandi jika tubuh berkeringat, mandi sebaiknya 2x/hari.

·         Gunakan pelembab

Seperti bagian organ lainnya, kulit pun membutuhkan nutrisi baik dari makanan yang Anda konsumsi, maupun dari produk yang dioleskan pada kulit secara langsung. Berikan kulit Anda nutrisi yang optimal dengan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

·         Gunakan tabir surya 

Sudah sering disebutkan sebelumnya bahwa tabir surya dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari (sunburn) dan pencegahan terhadap kanker kulit, namun ternyata terbukti bahwa tabir surya dapat berpengaruh terhadap photoaging (penuaan pada kulit). Jangan lupa oleskan tabir surya setidaknya SPF 30 sebelum Anda beraktivitas, dan ulangi pemakaian setiap 2 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan maksimal pada kulit Anda. ?

Untuk pola makan, kami rekomendasikan beberapa kandungan nutrisi utama yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kulit tetap sehat, antara lain:

·         Vitamin A, E & C

Vitamin A, vitamin E dan vitamin C membantu kelancaran proses regenerasi sel kulit, sehingga memperkecil risiko sel kulit mati menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

·         Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak makan sayur dan buah

Pada buah dan sayur terdapat banyak sekali nutrisi seperti vitamin, mineral, air dan juga antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

·         Mengkonsumsi air putih yang cukup

Anda perlu memperhatikan jumlah asupan cairan yang Anda konsumsi, idealnya orang dewasa dengan aktivitas fisik yang normal membutuhkan kurang lebih 8 gelas air putih per hari(minimal 1,5 liter per hari) untuk mencukupi kebutuhan cairannya. Jika jumlah asupan cairan yang Anda konsumsi kurang, hal tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering.

·         Hindari Makanan pedas & berminyak

Walau secara fisiologis medis belum ditemukan dampak langsung dari makanan pedas & berminyak kepada dampak kulit mudah berjerawat pada kulit berminyak, para ahli kebanyakan berasumsi hubungannya terdapat makanan pedas & berminyak merupakan pencetus keringat dan berpotensi menjadikan sumbatan di pori-pori jika kulit wajah tidak dijaga kebersihannya.

·         Hindari Makanan Berlemak & Berkalori Berlebih

Kandungan lemak yang berlebih tidak hanya tertimbun di bagian tubuh umum lemak tertimbun, seperti perut, paha, lengan, dsb. Namun juga memberikan ekses volume lemak di kulit wajah.

·         Pola Hidup

Hindari rokok, alkohol dan begadang.

Kulit kusam dan bernoda kemungkinan disebabkan karena perawatan yang kurang tepat, asupan nutrisi yang kurang seimbang, rendahnya konsumsi air putih harian, ataupun faktor eksternal yang memang dapat mempengaruhi (polusi, stress, kosmetik, dll). Setiap kulit wajah dan kulit tubuh memiliki tipe kulit masing-masing dan perawatannya juga sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

 

Selain menjalani kebiasaan yang baik untuk kesehatan kulit di atas, khusus untuk area pinggang dan bokong yang menghitam Anda bisa menjalani perawatan di dokter kulit, misalnya melalui peeling (pengelupasan kimiawi), hingga laser untuk memutihkan kulit. Tindakan tersebut biasa dilakukan di klinik kecantikan/ klinik kesehatan kulit. Selain itu, cobalah untuk mengganti bahan pakaian dalam Anda menjadi bahan yang lebih lembut, karena ada kemungkinan kulit Anda sensitif hingga mudah menghitam.

Demikian kami informasikan cara untuk memutihkan kulit, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar