Sukses

Nyeri di Bokong Hingga Sulit Berjalan

03 Jul 2019, 09:07 WIB
Pria, 46 tahun.

Pantat kiri sakit untuk duduk dan berdiri. Setiap hari bertambah. Sekarang sulit berjalan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Nyeri pada bokong dapat saja terjadi pada gangguan otot, tulang, pembuluh darah (vaskular), ataupun saraf.

Yang perlu diwaspadai adalah bila keluhan terasa seperti kesetrum yang menjalar dari arah bokong hingga ke ujung kaki, disertai dengan kesemutan. Bila terdapat keluhan tersebut, dikhawatirkan terdapat hernia nukleus pulposus (HNP atau saraf terjepit).

Keluhan karena masalah vaskular/pembuluh darah biasanya berhubungan dengan aktivitas. Nyeri akan bertambah atau muncul saat aktivitas, dan mereda saat istirahat.  Bila masalah otot, maka keluhan juga akan timbul berkaitan dengan aktivitas, dan membaik dengan istirahat. Untuk pertolongan pertama Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri. Sebenarnya tidak ada masalah dengan mengkonsumsi obat antinyeri, namun sebelum diterapi, sebaiknya dicari tahu dulu penyebab dari keluhan tersebut. Anda dapat mencoba vitamin B kompleks untuk membantu mengurangi nyeri karena otot/saraf.

Saran kami, Anda dapat berobat terlebih dulu ke dokter spesialis penyakit dalam untuk ditelusuri penyebabnya. Mungkin diperlukan pemeriksaan rontgen pinggang (lumbosakral) untuk membantu diagnosis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar