Sukses

batuk lama dan benjolan

02 Jul 2019, 09:48 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat siang dok, maaf saya mau tanya,, saya mengalami batuk gatal sdh hampir 2 minggu, sangat mengganggu, apalagi ketika tidur, sampai sesak rasanya batuk. Apa yg harus saya lakukan. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar batuk melalui fitur Tanya Dokter.

Berikut ini beberapa penyebab mengapa Anda mengalami batuk yang berkepanjangan:

  • Selesma. Batuk yang terjadi selama tiga minggu atau kurang kemungkinan besar disebabkan oleh selesma. Sayangnya, batuk ini bisa bertahan selama satu bulan atau lebih meski gejala lainnya sudah hilang. "Virus mengiritasi ujung saraf di saluran udara Anda, dan mereka bisa sensitif selama beberapa waktu.
  • Postnasal drip (tenggorokan berlendir). Jika Anda mengalami batuk yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih, mungkin Anda terkena postnasal drip (tenggorokan berlendir). Batuk tipe ini terjadi karena ada lendir di belakang hidung yang terhubung dengan tenggorokan.
  • Asma biasanya ditandai dengan mengi dan sesak napas. Namun batuk juga bisa menjadi salah satu gejalanya. Biasanya batuk karena asma sering memburuk pada malam hari, selama atau setelah berolahraga, ketika udara dingin, atau ketika penderita berada di sekitar pemicu alergi (seperti debu, bulu hewan peliharaan, dll)
  • Pneumonia. Terkadang batuk bisa menandakan adanya penyakit yang lebih parah, salah satunya pneumonia. Pneumonia dapat terjadi ketika infeksi pernapasan menyebar ke paru-paru, menyebabkan kantung udara paru terisi oleh nanah dan cairan. Kondisi ini membuat penderitanya sulit bernapasan dan batuk.

Dalam kasus anda ini, guna memastikan penyebab dan penanganan yang tepat sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru.

Berikut beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar