Sukses

Pengobatan Ambeien

02 Jul 2019, 05:37 WIB
Pria, 27 tahun.

malam dok.. saya mau nanya.. beberapa bulan lalu saya sepertinya terkena ambeien.. dimana ketika BAB mengeluarkan darah merah segar dan terdapat benjolan pada area anus, dan tidak dapat di masukkan benjolan tersebut sehingga saya mengalami masalah kurang nyaman ketika aka. duduk. pada saat itu saya hanya memakan obat ambeiven kurang lebih 1,5 tablet slma 1mgu lebih.. kemudian saya tidak mengalami pendarahan lagi ketika BAB, dan saya juga tidak merasakan sakit atau nyeri lagi ketika duduk ataupun sehabis BAB. tapi benjolan pada dekat dubur masih ada sampai saat ini.. apakah ini adalah ambeien dok? soalnya saya sudah tidak merasakan sakit, gatal ataupun BAB berdarah lagi kurang lebih sudah berjalan 4-5bln. apakah benjolan ini berbahaya dok? terimakasih hermanto

Terima kasih telah bertanya seputar ambeien melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus penderita.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi:

  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan)
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun obat-obatan ini hanya bersifat mengurangi gejala saja. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan yaitu:

  • Jangan menahan BAB. Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.
  • Duduk dalam air hangat. Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehari selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.
  • Menjaga pola makan. Hindarilah makanan pedas. Makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. Kemudian perbanyaklah makanan berserat. Dengan banyak makan makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Serat juga dapat mengurangi iritasi.
  • Konsumsi buah-buahan yang bersifat pencahar seperti pepaya, pir, dan alpukat.
  • Olahraga. Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian usahakan untuk menghindari olahraga yang berat. Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penanganannya. Untuk itu, untuk mengetahui penanganan yang tepat, terlebih dahulu perlu diketahui derajat ambeien Anda.

Kami menganjurkan agar penderita dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Seputar Wasir

Wasir Kambuh, Hentikan Konsumsi Makanan ini

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai ambeien. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar