Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Kemungkinan Hamil Setelah Berhubungan

01 Jul 2019, 12:45 WIB
Wanita, 29 tahun.

Siang dok.. Saya mau bertanya.. Darah haid sudah tdk keluar sejak sabtu. Kemudian berhubungan dgn suami pada minggu malam. Pagi harinya, ternyata keluar lendir agak kemerahan, spt sisa2 darah haid. Apakah ada kemungkinan saya bisa hamil, sementara ternyata masih ada sisa darah haid berupa lendir pagi harinya..? Dan jika hamil, apakah akan terlahir cacat..? Terima kasih sebelumnya dok..

Terima kasih telah bertanya seputar kemungkinan hamil melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Untuk mengetahui kemungkinan hamil Anda, perlu diketahui dulu mengenai siklus menstruasi Anda dan hari pertama haid terakhir Anda.

Jika memang melakukan hubungan seksual saat masa subur besar kemungkinannya terjadi kehamilan. Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Jika melakukan hubungan seksual di luar masa subur, kecil kemungkinan seorang wanita dapat mengalami kehamilan.

Ada beberapa faktor lain juga yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil seperti tidak menggunakan alat kontrasepsi yang alami (contohnya coitus interruptus) atau pun menggunakan alat (seperti kondom, atau hormonal).

Lendir yang keluar pada pagi hari bisa jadi merupakan sisa dari sperma yang masuk. Sedangkan adanya warna kemerahan yang diduga darah bisa saja merupakan daerah yang keluar akibat adanya gesekan antara penis dan dinding vagina yang menyebabkan luka lecet / laserasi. 

Anda dapat memastikan kehamilan dengan mengawasi tanda-tanda kehamilan dibawah ini atau menggunakan test pack (penggunaan test pack dapat dilakukan 1 hari setelah haid terlambat). 

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemihpembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim. Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Berikut ini kami lampirkan pula artikel yang dapat Anda baca mengenai persiapan kehamilan :

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar