Sukses

Merkuri dalam Kosmetik

01 Jul 2019, 09:10 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat malam, Saya mau nanya nih. Kalo dalam kosmetik mengandung merkuri kadarnya 0,31 apakah masih dapat dibilang aman digunakan???

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran Anda. 

Apabila terdapat kecurigaan keracunan merkuri, kita harus mengingat adakah riwayat pajanan terhadap merkuri. Lalu diperlukan pemeriksaan laboratorium untuk mengukur kadar merkuri melalui rambut, darah atau urin. Banyak sekali orang yang telah terpapar merkuri tanpa mereka sadari. Efeknya terhadap kesehatan bergantung pada faktor berikut:

  • bentuk kimia merkuri
  • dosis
  • paparanusia orang yang terpapar
  • jangka waktu paparan
  • rute paparan: apakah terhirup, tertelan, terkena kulit
  • kondisi kesehatan orang yang terpapar
  • Paparan merkuri berlebihan dapat disebabkan oleh penggunaan benda yang tinggi kandungan merkuri, atau karena salah penanganan zat limbah merkuri. Diperlukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan untuk mengetahui apakah kadar merkuri anda masih dalam batas aman atau berada pada level toksik. Kadar merkuri dalam darah  sebaiknya tidak melebihi 10 ng/L..

Gejala awal keracunan antara lain tremor, insomnia atau sulit tidur, penurunan daya ingat, gangguan saraf dan otot, sakit kepala, dan gangguan pergerakan otot. Apabila terdapat gejala tersebut, segera ke rumah sakit untuk memperoleh terapi yang adekuat. Contoh terapi medis yang digunakan untuk mengatasi keracunan logam berat (termasuk merkuri) adalah terapi khelasi, yaitu penyuntikan asam amino sintetik (EDTA), yang akan “menangkap" kelebihan logam dan mineral dalam tubuh, untuk kemudian dikeluarkan lewat urin. Zat intravena lainnya untuk detoksifikasi merkuri adalah DMPS. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar