Sukses

Bersin di Pagi Hari

01 Jul 2019, 08:24 WIB
Wanita, 19 tahun.

saya suka bersin bersin pada pagi hari, kalau liat debu juga rasanya ingin bersin rasanya ingin pilek begitu. Begitu pula dengan dingin dan rambut pada kucing, kira kira saya terkena penyakit/virus atau apa ya dok? ada solusi dan pencegahannya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah betanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sering bersin-bersin, terutama pada pagi hari yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh alergi dan sinusitis. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus. Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi) pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi, pengobatan adalah dengan mencari jenis alergi serta mengobati alergi dengan anti-histamine. Namun, pilek akibat alergi merupakan suatu penyakit yang sangat sulit sembuh sebab kita sebenarnya tidak bisa mengeliminasi penyabab alergi hanya dapat menghindarinya. 

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar