Sukses

ruam merah pada kulit

30 Jun 2019, 16:14 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo dok mau tanya , ini kenapa ya kulit badan saya tiba" Ada bekas goresan merah seperti bekas luka yg sudah sembuh , di bagian pinggirnya memerah dan di bagian tengah nya memutih , padahal saya tidak pernah luka di bagian situ , ini kenapa ya dok ? Mohon petunjuk nya dok

Terima kasih telah bertanya seputar ruam merah pada kulit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Terdapat banyak penyebab ruam kulit. Beberapa penyebab tersering dari ruam kulit antara lain:

  • Alergi, bisa berupa alergi makanan, obat, kontak dengan benda tertentu (misalnya alergi logam)
  • Iritasi kulit akibat zat kimia tertentu, misalnya deterjenGigitan serangga
  • Infeksi, dapat berupa infeksi jamur, bakteri, parasit, atau virus

Untuk mengetahui adanya ruam kulit dan penyebab yang mendasarinya, umumnya dokter hanya perlu melakukan pemeriksaan pada kulit. Bila ruam diduga disebabkan karena alergi, pemeriksaan uji cukit kulit atau pemeriksaan IgE dari darah dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab alerginya.

Bila ruam diduga terjadi karena infeksi jamur, pemeriksaan kerokan kulit perlu dilakukan untuk mengetahui jamur penyebabnya. Jika ruam diduga terjadi karena infeksi bakteri atau virus, pemeriksaan apusan cairan dari kulit dapat dilakukan untuk mengetahui jenis bakteri atau virusnya.

Maka dari itu, sebaiknya anda perlu memeriksakan diri anda dengan dokter agar dilihat dan diperiksa scera langsung guna mengetahui diagnosa penyebab pasti dari kelainan kulit anda.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar