Sukses

TB Kelenjar Anak

29 Jun 2019, 15:19 WIB
Pria, 50 tahun.

Selamat Pagi Dok... dok anak saya didiagnosa terkena TB Kelenjar (Anak Perempuan, usia anak 12th, bb 35 kg, Tb 153 cm, gol darah O ) karena posisinya yg ada di dalam, kata dokter yang menangani ini tidak bisa dioperasi / biopsi ( Posisi di leher sebelah kanan ) sehingga tindakan yang diambil saat ini adalah dengan memberikan obat dengan dijelaskan beberapa efek dari obat yang diberikan, setelah satu Minggu kami kembali untuk kontrol untuk mengetahui respon dari obat tersebut, dan dikatakan oleh dokter kalau respon dari obat tersebut bagus jadi diteruskan minum obat tersebut untuk jangka waktu yang lama, tetapi setelah kira kira hari ke 11 anak saya kira kira dua jam setiap habis minum obat badanya menggigil sangat kuat, disertai mual tanpa demam biasanya sekitar 1 s/d 2 jam menggigil dan setelah mulai reda baru demam, apa yang sebaiknya dilakukan dok... pada saat anak menggigil... apakah berbahaya / tidak jika obat tersebut kita teruskan terima kasih atas jawaban dokter.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar pengobatan TB kelenjar menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

TB kelenjar menyerang kelenjar getah bening yang merupakan pertahanan tubuh terhadap penyakit, sedangkan TB paru menyerang daerah paru. Gejalanya pun berbeda, bila TBC paru identik dengan batuk lama lebih dari 3 minggu yang tidak sembuh-sembuh meskipun diberi pengobatan batuk, maka TBC kelenjar umumnya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang ada di tubuh manusia.

Kelenjar yang paling sering diserang terlebih dahulu adalah kelenjar daerah leher hingga tepat di bawah rahang bawah. Selain pembesaran kelenjar yang menjadi teraba, adalah badan terasa meriang dan pegal. Kuman TBC sendiri sebenarnya dapat menyerang tubuh mana saja, mulai dari otak, saluran pencernaan atau kemih, hingga tulang.

Limfadenitis TB atau limfadenitis tuberkulosis atau tuberkulosis kelenjar merupakan infeksi kelenjar getah bening oleh kuman Mycobacterium tuberculosis.

Setelah diagnosis tegak, maka anak Anda perlu mendapatkan pengobatan tuberkulosis agar infeksi tidak menyebar dan semakin parah sehingga dapat menyebabkan luka pada kulit. Umumnya pengobatan dilakukan selama 6-9 bulan dengan regimen dan dosis yang sama. Pengobatan TB yang teratur dan tuntas (9 bulan), akan membuat benjolan akan mengecil dan hilang.

Kami menganjurkan Anda untuk kontrol kembali ke dokter spesialis penyakit dalam yang merawat anak Anda untuk menentukan status sakit TB anak Anda serta rencana evaluasi atau pengobatan selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar