Sukses

Cara Mengatur Pola Tidur
28 Jun 2019, 17:57 WIB
Pria, 21 tahun.

Permisi selamat siang, salam sejahtera. Perkenalkan dok, saya berumur 21 tahun dan baru saja menyelesaikan studi di salah satu universitas. Dan karena belum mendapat pekerjaan saya membuka usaha sendiri dan puji syukur usaha saya meluas dan sudah memiliki banyak anak buah. Tapi itulah yang memulai masalah di pola hidup saya, karena terlena oleh istilahnya "nge boss" pola hidup saya menjadi sangat kacau. Yang tadinya saya fitness dan berendam cold water setiap subuh pagi, sekarang saya tidak bisa . Bahkan saya baru mulai tidur saja jam 4 pagi. Body shape dan massa otot saya terus berkurang walaupun saya tidak pernah sampai ke fase "kurus banget" tetapi saya merasakan sekarang sangat sulit untuk mendapatkan massa otot kembali. Pertanyaan nya dok, 1. Bagaimana saya bisa lepas dari pola tidur yang tidak wajar tersebut, karena saya selalu coba tidur jam 9 malam itu sangat tidak bisa dan kepala saya selalu pusing jika memaksakan. 2. Bagaimana cara menaikkan berat badan kembali,asupan saya perhari bisa 2900-3200 kalori perhari dibarengi dengat workout fitness pada umumnya. tetapi tetap saja tidak ada perubahan 3. Saya sudah periksa ke dokter karena takutnya ada cacing di pencernaan saya, dan ternyata bersih. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Cara Mengatur Pola Tidur.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Insomnia adalah kesukaran dalam memulai atau mempertahankan tidur. Insomnia adalah sebagian dari gangguan tidur, tetapi keluhan ini adalah keluhan yang paling sering dari gangguan tidur.

Sebelumnya harus Anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur, seperti faktor predisposisi psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Faktor-faktor tersebut jarang berdiri sendiri. Sebagai contoh adalah faktor fisis tertentu yang dapat memicu timbulnya masalah psikologis, begitupun sebaliknya. Faktor psikologis juga dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga membuat kondisi fisis senantiasa siaga seperti saat cemas, tegang, atau stres.

Pengobatan insomnia lebih menekankan pada pengobatan non medis dibandingkan dengan obat-obatan. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda terapkan:

  • Hindari memegang handphone, menonton TV, atau sejenisnya di tempat tidur
  • Mulailah berbaring di tempat tidur hanya saat Anda sudah akan memejamkan mata.
  • Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  • Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb.
  • Matikan lampu dan gelapkan kondisi kamar saat akan tidur
  • Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur. Sebaiknya anda hentikan penggunaan obat yang biasa anda konsumsi, karena kandungan dari obat tersebut dapat menyebabkan ngantuk.
  • RelaksasiBuat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi, yoga, atau menggunakan aromaterapi.
  • Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

Dengan menerapkan beberapa hal di atas, diharapkan sudah dapat mengatasi keluhan sulit tidur yang Anda alami. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada fisik yang mendasari penyebab dari susah tidur pada Anda.

Berikut merupakan beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan, yaitu :

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari. 
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.
  • Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.
  • Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut. 

Apabila cara di atas belum berhasil, kami menyarankan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi juga membantu untuk mengetahui makanan yang dapat meningkatkan berat badan.  

Untuk menambah wawasan Anda, kami sertakan artikel berikut:

Tips Sehat Menambah Berat Badan untuk si Kurus

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Mengatur Pola Tidur. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar