Sukses

Penyebab Sering Kaget

28 Jun 2019, 11:44 WIB
Wanita, 16 tahun.

mau nanya saya kemarin habis dari kamar mandi mau ke arah kanan pas liat ke arah kiri ada bapak saya pake baju putih pake sarung terus saya kaget sampe gemeteran dan deg2an bgt itu kenapa ya? saya juga sering banget dengar suara2 kecil langsung kaget dengar notif dari handphone juga suka kaget kenapa yaa??

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Pernahkah hal ini terjadi saat Anda tidur dan membuat Anda terbangun saat tidur? Kapan saja keluhan Anda muncul? Saat berdebar apakah ada keluhan lain seperti banyak berkeringat, merasa panik/khawatir/takut//stres? Bagaimana dengan aktivitas Anda? Bagaimana dengan kebiasaan makan Anda?

Rasa kaget yang disertai oleh jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda dari berbagai penyakit, salah satunya adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.

  2. Latihan fisik yang terlalu berat.

  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.

  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)

  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.

  6. Obat-obat pelangsing, asma.

  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.

  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.

  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Ambang batas kaget/terkejut seseorang berbeda-beda. Mungkin saja ambang batas kaget Anda sedang rendah, sehingga mudah kaget. Jika mendengar suara yang tiba-tiba sebenarnya wajar untuk merasa kaget. Hal tersebut dapat saja masih dalam batas normal.  Bila seseorang kaget, otomatis denyut jantung jadi meningkat. Terkadang mudah kaget juga dapat terjadi ketika sedang banyak pikiran atau sedang stres tertentu. Apakah ada keluhan lain?

Bila Anda khawatir, silakan memeriksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar