Sukses

Flek Saat Hamil Muda

28 Jun 2019, 11:44 WIB
Wanita, 30 tahun.

Halo dok, sy sedang hamil 13 minggu tp di sekitar minggu ke 10 kemarin keluar flek setlh kmi behubungan intim tp tdk bnyak . Dan biasanya keluarnya itu bersamaan dngn lendir keputihan gitu. Fleknya itu berlajut sampai skrg di minggu ke 13 tp tdk setiap hr terkdng 2 hr gak keluar bsoknya keluar flek lg. Dan beberapa hr yg lalu kmi kontrol ke dokter kandungan, diusg hasilnya sehat semua. Dan dokternya ksh sy obat hystolan 2x sehari setngah tablet. Pertnyaan sy amankah sy minum obat ini untk janin sy? Dan apa yg menyebabkan sy keluar flek?

Terimakasih telah bertanya tentang flek saat hamil muda melalui fitur Tanya Dokter.

Flek saat hamil muda ada yang normal ada yang tidak. Yang normal umumnya berwarna pink muda atau kecoklatan dan saat terjadi hanya sedikit sekali keluarnya (spotting) dan umumnya tidak lebih dari 24 jam berturut-turut. Selain flek, tidak ada keluhan lain seperti nyeri perut bawah.

Yang tidak normal, berwarna merah terang seperti darah segar/darah haid dan biasanya disertai keluhan nyeri perut bawah yang semakin memberat. Bila seperti ini, harus waspada akan adanya ancaman keguguran.

Dari riwayatnya, sepertinya ini flek-flek yang normal saja. Hasil USG pun telah mengonfirmasi semuanya sehat. Meski demikian, umumnya dokter kandungan meresepkan obat penguat kandungan yang mengandung hormon serupa progesteron (bukan golongan hystolan). Namun tentu dokter Anda yang paling memahami kondisi Anda saat ini.

Silakan konsumsi obat tersebut sesuai anjuran dokter dan kembali setelah obat habis. Biasanya obat-obatan ini aman untuk janin dan tidak dikonsumsi terus-menerus selama hamil. Hanya sampai masa 'kritis' yakni trimester awal berakhir (sampai usia kehamilan 14-16 minggu).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar flek saat hamil muda. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar