Sukses

Nyeri kepala disertai riwayat cedera kepala

28 Jun 2019, 09:38 WIB
Pria, 17 tahun.

kejadian ini terjadi 12 tahun lalu, dimana saya saat itu bermain dan saya terjatuh lalu kepala saya terbentur kayu hingga kelopak mata saya berubah menjadi biru. Setelah kejadian itu, saya sering sakit kepala dan hampir setiap hari. Kira kira apakah ada gangguan didalam kepala saya atau gimana ya?

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri kepala disertai riwayat cedera kepala menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kemungkinan selain adanya memar pada mata, sebagian dari kepala bagian depan anda terbentur dan menyebabkan trauma kepala.

Sakit kepala atau headache atau sefalgia sering menjadi keluhan seseorang berobat ke dokter. Sakit kepala, seperti nyeri dada atau nyeri punggung, mempunyai berbagai macam penyebab.   

Sakit kepala dibagi2, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala tanpa penyebab yang jelas dan tidak berhubungan dengan penyakit lain. Contohnya adalah sakit kepala tipe tensión, migren atau cluster.  Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain. Contohnya adalah infeksi virus, adanya pendesakan di dalam tengkorak oleh tumor, cairan otak, darah, dan kematian jaringan otak serta stroke.

Dibutuhkan informasi lebih lanjut untuk menentukan sakit kepala yang an darasakan apakah berkaitan dengan riwayat tertimpa benda barat atau benturan di kepala yang sebelumnya anda alami atau tidak.

Sementara itu, Hal yang dapat dilakukan jika mengalami sakit kepala adalah:

  • Istirahat. Hindari stres dan faktor-faktor lain yang dapat memperberat nyeri kepala
  • Minum obat sakit kepala yang dijual bebasJ. ika keluhan tidak berkurang segera hubungi dokter
  • Keluhan sakit kepala ringan pada umumnya akan reda dengan obat-obat sakit kepala yang dijual bebas yang sudah mengandung penghilang rasa nyeri, seperti mengandung paracetamol ataupun asam mefenamat. Jika nyeri terus berlanjut, maka ada kemungkinan keluhan bukan sakit kepala biasa dan perlu konsultasi dengan dokter.

Begitu pula, keluhan sakit kepala yang berulang dan semakin berat ataupun semakin sering sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf. Ada baiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk disarankan melakukan CT scan kepala atau MRI kepalam untuk menyingikirkan adanya kelainan pada kepala anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri kepala disertai riwayat cedera kepala. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar