Sukses

Telinga berdenging

28 Jun 2019, 09:38 WIB
Pria, 18 tahun.

Telinga saya berdenging sblh kanan (bunyinya ngiiing gtu gk pernah berhenti) udh lama tepatnya gk gtu inget mungkin 6 thn ada, udh ke THT katanya Gendang tlinganya buram. Di ksh 3 obat Obat = pelancar darah, alergi, vertigo tablet semua. Udh di habisin gk ada efek sama sekali saranya dnk

Terima kasih telah bertanya seputar telinga berdenging menggunakan fitur Tanya Dokter.

Adakah anda menanyakan mengenai diagnosis pasti yang diberikan oleh dokter THT anda? Jika belum ada perubahan saat ini ada baiknya anda kembali ke dokter THT yang telah menangani anda, untuk mengontrol gejala serta pengobatan yang mungkin masih kurang adekuat.

Sayang sekali kami tidak dapat memeriksa anda langsung dan memiliki keluhan gejala yang minim. Adapun sebab telinga berdenging di antara lainnya adalah akibat:

1. Penyakit Meniere. Kondisi ini merupakan kelainan pada telinga dalam karena adanya tekanan pada cairan atau komposisi telinga dalam yang tidak normal, sehingga dapat menyebabkan telinga berdenging.

2. Trauma pada kepala atau telingaKondisi ini dapat memengaruhi saraf atau fungsi otak yang berkaitan dengan pendengaran. Umunya, telinga berdenging yang disebabkan oleh trauma hanya terjadi pada salah satu telinga.

3. Tumor jinak. Adanya tumor jinak pada saraf otak dapat memengaruhi keseimbangan dan pendengaran, sehingga menyebabkan telinga berdenging pada salah satu telinga.

4. Kelainan pembuluh darah. Telinga berdenging karena kelainan ini bersifat pulsatil atau berdenyut. Menurutnya, tinitus yang terjadi karena hal ini adalah jenis tinnitus objektif.

5. Stres dan depresi. Ketika tes pendengaran menunjukkan hasil normal dan penyebab lain dari tinnitus tidak teridentifikasi, biasanya telinga berdenging disebabkan oleh adanya stres atau depresi.

6. Gangguan pada rahang. Masalah pada rahang atau sendi temporomandibular (TMJ) dapat menyebabkan telinga berdenging. Kondisi ini akan disertai gejala nyeri pada persendian saat mengunyah dan berbicara. Jika hal ini terjadi, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.

Untuk sementara waktu, Anda juga disarankan untuk menghindari suara keras serta pencetus tinnitus atau telinga berdenging seperti kopi, teh, rokok dan garam, serta melakukan olahraga rutin untuk memperlancar sirkulasi darah.

7. Pertumbuhan tulang yang tidak normal. Gangguan yang disebut otosklerosis dapat menyebabkan tulang di telinga tengah tumbuh tidak normal. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan telinga berdenging dan kerap terjadi pada usia 30-an. Bila dalam keluarga terdapat riwayat otosklerosis, Anda perlu lebih waspada karena kemungkinan untuk mengalaminya lebih tinggi.

Kembalilah ke dokter THT yang telah menangani anda dan dapatkan penjelasan yang lebih adekuat setelah anda diperiksa kembali saat kontrol.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai telinga berdenging. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar