Sukses

Warna Tambalan Gigi Depan Tidak Sama Dengan Gigi Asli

27 Jun 2019, 19:28 WIB
Pria, 24 tahun.

2 hari yg lalu saya melakukan tambal gigi depan yg patah separuh di sebuah klinik dokter gigi di daerah saya, dg metode direct restoration resin komposit sesuai saran dokter, tp saya kurang puas dg hasilnya karna warna tambalannya terlihat jelas berbeda dan bahan tambalannya menempel di gigi samping kanan kirinya. pertanyaannya apakah bisa dilepas dok? dan jika saya ingin melakukan prosedur tambal ulang apakah bisa? dg metode apa agar warnanya menyerupai gigi saya yg asli?

Terimakasih telah bertanya seputar warna tambalan gigi depan tidak sama dengan gigi asli melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit mengenai tambalan resin komposit.

Resin komposit adalah bahan tambal sewarna gigi, dengan bahan dasar polimer dan ditambahkan dengan partikel anorganik sebagai penguat. Bahan tambal ini umumnya mengalami reaksi pengerasan dengan bantuan sinar (sinar UV, atau bisa juga dengan visible light)

Kelebihannya :

Secara estetik sangat memuaskan, terutama resin komposit dengan formulasi terkini di mana hasil akhirnya sangat menyerupai gigi asli. Namun tentu membutuhkan keterampilan dan keahlian dari dokter gigi. Karena kelebihannya ini, resin komposit adalah bahan tambal yang paling sering digunakan dalam “cosmetic dentistry”. Aplikasinya cukup luas. Meski dulu ada keraguan bahwa bahan tambal resin komposit tidak cukup kuat untuk digunakan pada gigi geraham di mana tekanan kunyah di daerah tersebut paling besar, namun bahan tambal ini terus menerus mengalami perkembangan sehingga kini cukup dapat diandalkan untuk menambal gigi geraham meskipun kekuatannya masih tetap di bawah amalgam. Warna bahan tambal dapat disesuaikan dengan keadaan gigi pasien, karena resin komposit memiliki banyak pilihan shade/warna.

Kekurangannya :

Material ini membutuhkan tahapan-tahapan yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang cukup mendalam dari dokter gigi untuk mendapatkan hasil yang benar-benar memuaskan dan tahan lama. Jika tidak, tambalan dapat mudah lepas/patah, berubah warna, atau terlihat batas antara tepi tambalan dengan gigi sehingga mengurangi estetika. Pada saat penambalan diperlukan suasana mulut yang kering karena kontaminasi saliva dapat mempengaruhi sifat-sifat jangka panjang dari resin komposit, seperti kekuatan dan daya tahannya. Oleh sebab itu gigi yang akan ditambal resin komposit idealnya harus benar-benar diisolasi, dan hal ini cukup sulit dilakukan terutama pada gigi belakang dan mungkin menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasien. Dapat terjadi karies sekunder di bawah tambalan yang mungkin disebabkan karena kebocoran tambalan sehingga bakteri dapat berpenetrasi ke jaringan gigi dan kembali menyebabkan karies. Resin komposit dapat menyerap warna dari zat pewarna dari makanan atau minuman sehingga dalam jangku waktu lama dapat mengalami perubahan warna/ diskolorasi.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan bahwa warna tambalan terlihat jelas berbeda dengan gigi aslinya dan menempel dengan gigi tetangganya, hal ini sangat dipengaruhi dengan keahlian dan ketersediaan warna dari bahan tambalan di dokter gigi tersebut. Tidak semua dokter gigi memiliki pilihan warna tambalan yang lengkap sehingga kadang hasil warna tambalan gigi menjadi kurang sesuai dengan gigi aslinya. Dan hal ini sangat terlihat karena letak tambalan tersebut di gigi depan sehingga terlihat kurang estetis. Untuk mengatasi keluhan ini tambalan gigi dapat dilepas dengan menggunakan bur gigi, dan ditambal ulang agar warnanya sesuai dengan gigi asli. Kami sarankan untuk periksa dan minta second opinion ke dokter gigi spesialis Konservasi Gigi, untuk mendapatkan pandangan lain mengenai kasus gigi anda.

Bacalah artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Gigi Depan Berlubang Mengganggu Senyum Anda 

Gigi Depan Rusak, Perbaiki Segera!

Tambalan Berubah Warna Pada Gigi Depan

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai warna tambalan gigi depan tidak sama dengan gigi asli, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar