Sukses

Tampilan Wajah Awet Muda

27 Jun 2019, 13:02 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau nanya nih umur saya kan baru 18thn tapi kenapa saya dibilang udah bapak2 padahal saya kan masih muda , tolong solusinya dok itu bikin saya gak pede ūüė≠ūüė≠ūüė≠

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Apakah aspek yang dinilai 'seperti bapak-bapak' itu adalah akibat tampilan wajah yang tampak lebih tua? Bila ya, maka Anda membutuhkan tips seputar tampilan wajah yang awet muda. Untuk memperolehnya, memang dibutuhkan perawatan khusus. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan wajah awet muda:

1.   Menjaga kulit dari paparan sinar matahari setiap hari

Radiasi ultraviolet dapat menembus ke bawah kulit dan menyebabkan kerusakan pada kolagen. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan kulit. Maka, proteksi terhadap sinat matahari merupakan hal yang sangat penting.

Anda dapat melakukannya dengan berlindung di balik payung, menutup dengan topi atau pakaian, serta menggunakan sunscreen yang setidaknya memiliki SPF 30 (atau lebih). Ingat, ulangi pemakaian sunscreenini setiap 2 jam agar kulit Anda tetap terlindung.

2.   Berhenti merokok

Merokok sangat mempercepat perubahan kulit menuju proses penuaan. Sebab, kebiasaan merokok memicu timbulnya kerutan serta membuat kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

3.   Merawat kulit dengan baik

Apa yang dirawat tentunya akan lebih terjaga dan terpelihara, demikian pula dengan kulit. Sehari-harinya, jangan lupa membersihkan kulit di penghujung hari menggunakan pembersih kulit yang lembut dan tidak mengiritasi.

Selain itu, oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda setiap harinya. Pelembap sangat penting karena dapat menyimpan air di dalam kulit dan mencegah kulit dari kekeringan. Selain itu, minumlah air putih dalam jumlah yang cukup.

Kelembapan kulit yang baik dapat mencegah Anda dari proses penuaan dini. Anda juga dapat merawat kulit dengan menggunakan krim malam yang mengandung antioksidan untuk mendapatkan wajah awet muda.

4.   Hindari terlalu sering mengernyitkan wajah

Terlalu sering mengernyit misalnya saat stres atau sedang menyipitkan mata agar dapat melihat lebih jelas, akan mempercepat timbulnya kerutan pada kulit. Untuk itu, sebaiknya periksakan kondisi mata Anda. Bila diperlukan, gunakan kacamata agar dapat melihat lebih jelas.

5.   Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Konsumsi makanan yang terdiri dari buah dan sayuran segar yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat penuaan dini. Hal ini terkait dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur. Selain itu, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pola makan yang tinggi gula dan karbohidrat dapat mempercepat proses penuaan di kulit.

6.   Olahraga teratur

Ketika Anda berolahraga secara teratur, akan terjadi perbaikan pada sirkulasi darah yang juga akan berpengaruh pada kondisi kulit Anda. Karena memiliki efek yang baik untuk kulit, mulai dari sekarang, mulailah kebiasaan untuk berolahraga secara rutin.

7.   Kurangi konsumsi alkohol

Alkohol dapat memberikan efek kekeringan atau dehidrasi pada kulit. Padahal, kulit yang kering mudah rusak dan mengalami penuaan. Oleh sebab itu, kurangi konsumsi alkohol untuk mencegah penuaan dini.

8.   Lindungi kulit dari polusi udara

Polusi udara di jalanan bisa mengandung berbagai macam zat yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Oleh sebab itu, hindari kulit dari paparan zat-zat tersebut untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar