Sukses

Bagaimana Penyembuhan Sinusitis?

27 Jun 2019, 12:02 WIB
Wanita, 40 tahun.

DOK SY PUNYA SINUSITIS,SKRG SERINGNYA BATUK, DAN BATUKNYA MMG PARAH..KEMAREN SY GAK TAU KLO ITU KARENA SINUS,SY KE DOKTER UMUM DIKASIH OBAT,TP GAK MEMPAN.TERNYATA PENYEBABNYA SINUS.SETELAH KE DOKTER THT,ALHAMDULILLAH BS MENGOBATI BATUKNYA..YG MAU SY TANYAKAN KENAPA BISA SINUS MENYEBABKAN BATUK?KALO SY TDK MINUM OBAT DOKTER,BATUK DAN SAKIT KEPALA .BGM DALAM JANGKA PANJANGNYA DOK?APAKAH ADA EFEK SAMPING YG LAIN MENGENAI SINUS YG MEYEBABKAN BATUK INI?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Seseorang yang terkena sinusitis tidak mesti akan sekaligus mengalami batuk. Namun, bila daya tahan tubuh sedang rendah, mungkin saja sinusitis terjadi sekaligus batuk. Sinusitis bisa terjadi sekaligus batuk ketika kuman yang menyerang mukosa hidung ikut menginfeksi bagian faring, sehingga dapat muncul gejala batuk. Agar hal ini tidak terjadi lagi kedepannya, dibutuhkan penjagaan daya tahan tubuh yang baik. Berikut kami jelaskan seputar pengobatan sinusitis:

Bila memang telah terindikasi mengalami sinusitis, maka Anda mungkin saja membutuhkan pengobatan yang lebih intensif dibandingkan pilek biasa.

Mengingat sinusitis yang bersifat akut disebabkan oleh infeksi, maka faktanya penyakit ini bisa disembuhkan dengan sempurna. Untuk bisa sembuh dibutuhkan adalah pemberian obat yang tepat serta penerapan gaya hidup yang mendukung.

Sinusitis bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Namun, penanganannya tidaklah sama. Antibiotik hanya diperlukan pada sinusitis yang disebabkan oleh bakteri untuk membantu melawan bakteri penyebab sinusitis dan mempercepat kesembuhan. Namun, bila digunakan pada sinusitis akibat virus, tentunya tidak akan mendatangkan manfaat.

Adapun penanganan yang dibutuhkan pada sinusitis akibat virus terdiri dari beberapa macam obat.

Obat pertama yang dibutuhkan penderita adalah analgesik atau obat penghilang nyeri. Selain itu, obat steroid yang dimasukkan ke hidung juga dapat mengurangi keparahan gejala. Sebagai alternatif, bisa dilakukan irigasi hidung menggunakan cairan fisiologis (NaCl 0,9 persen) untuk membersihkan hidung dan mempercepat kesembuhan.

Obat-obat dan tindakan tersebut juga bisa diberikan pada penderita sinusitis akibat bakteri untuk menunjang kesembuhan. Ketika Anda mengalami gejala sinusitis, periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah disebabkan oleh virus atau bakteri.

Selain itu, tentunya hal yang sangat penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi sinusitis akibat virus. Perbanyaklah istirahat selama sakit, konsumsi makanan bergizi dan seimbang dalam jumlah yang cukup, serta minumlah air putih yang banyak.

Dengan cara-cara di atas, umumnya sinusitis akan sembuh secara sempurna. Bila tidak, maka bisa jadi ada ganguan lain di tubuh. Sebagai contoh, penyakit alergi pada hidung (rhinitis alergi) mungkin menyebabkan gejala yang sama, bahkan bisa sampai memperberat gejala sinusitis.

Penderita rhinitis alergi sangat mudah mengalami sinusitis yang memanjang atau berulang-ulang. Untuk kondisi khusus ini diperlukan pengobatan tambahan khusus.

Sinusitis ternyata dapat disembuhkan dengan sempurna. Namun, bila sinusitis terasa membandel dan sulit sembuh, berarti terdapat penyakit lain yang menyertai. Teruslah berkonsultasi atas perkembangan penanganan sinusitis Anda pada dokter yang menangani.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar