Sukses

Penyebab Eksim Kulit dan Pengobatan untuk Ibu Menyusui

27 Jun 2019, 11:39 WIB
Wanita, 36 tahun.

Selamat siang dok,sy sudah menderita ekzim selama hampir 1thn di telapak jari kedua tgn sy.sudah berbagai mcm obat oles n minum tp tak kunjung sembuh.mohon solusi nya dok.dan saat ini sy sedang menyusui bayi 6bln.trimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar Penyebab Eksim Kulit dan Pengobatan untuk Ibu Menyusui melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Eksim adalah bahasa awam untuk dermatitis atau peradangan pada kulit. Terdapat beberapa jenis dermatitis, namun apabila orang merujuk pada eksim, kemungkinan yang dimaksud adalah dermatitis atopi. Atopi dalam hal ini berarti adalah kondisi yang disebabkan karena alergi, seperti asma dan rinitis alergi.

Eksim dapat dipicu oleh pencetus (alergen) yang berkontak dengan kulit, hal tersebut terjadi pada orang  yang sensitif terhadap iritasi di kulit. Kulit kering, kemerahan, rasa gatal dan panas merupakan salah satu gejala eksim. Untuk beberapa kasus, seperti Anda juga, eksim dapat muncul berulang-ulang atau berlangsung secara kronik (dalam jangka waktu lama). Kebiasaan untuk menggaruk kulit yang gatal tersebut justru akan memperparah kondisi kulit dan pengobatan dapat berlangsung lebih lambat. Pengobatan eksim dilakukan dengan memberikan kortikosteroid topikal dan anti histamin yang semuanya diberikan dibawah pengawasan dokter.

Namun, obat ini dapat memberikan efek ke bayi Anda karena Anda sedang menyusui. Sebaiknya Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat diberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga :

Cara Tepat Mengobati Eksim

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Penyebab Eksim Kulit dan Pengobatan untuk Ibu Menyusui. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar