Sukses

Luka Tindik Telinga

27 Jun 2019, 09:42 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat pagi,dokter saya ingin bertanya.. 2 hari lalu saya melakukan tindik pada telinga saya dibidan terdekat,setelahnya sang bidan memberikan benang agar lubang tindikan tidak tertutup kembali,tetapi benang tersebut malah nempel dan susah dilepas krna terasa sakit bagaimana cara saya melepas nya, terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com dan bertanya seputar tindik telinga. 

Sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kami konfirmasi. Bekas tindikan tersebut seperti apa?

Penanganan bekas luka tindik sangat bergantung pada bekas luka yang terjadi, apakah berupa bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Melakukan tindik di bagian tulang rawan telinga memang lebih berisiko dibandingkan tindik biasa berupa risiko infeksi. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya pembuluh darah yang mempendarahi bagian tersebut. Bila terjadi infeksi, antibiotika yang akan membunuh bakteri penyebab infeksi tidak bisa sampai ke lokasi infeksi lewat darah. Padahal infeksi yang tidak tertangani dengan baik bisa mematikan jaringan tulang rawan tersebut dan akhirnya diperlukan tindakan operatif yang akan mengubah bentuk daun telinga. Karena itulah tindakan tindik telinga di bagian tulang rawan sebaiknya dilakukan oleh tenaga medis, termasuk dokter THT, sehingga terjamin kesterilan alat dan prosedurnya. Setelah itu, Anda harus sangat menjaga kebersihan lokasi tindik selama proses penyembuhan jaringan yang dapat berlangsung selama 3 bulan sampai dengan 1 tahun.

Membersihkan luka bekas tindikan dengan mengganti kassa penutup setidaknya satu hari sekali dengan membubuhkan larutan povidon iodine. Apabila nampaknya luka tindik Anda mengalami infeksi yaitu disertai gejala adanya nanah dan nyeri maka sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk kondisi Anda, dalam hal ini benang yang tertinggal dan menempel, sebaiknya berkonsultasi ke puskesmas atau dokter terdekat untuk dilakukan tindakan melepas benang tersebut. Hal ini harus dilakukan dengan steril untuk mencegah infeksi dan luka yang lebih lebar. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar