Sukses

Amankah Jika Tertelan Obat Sariawan Gotik

25 Jun 2019, 08:20 WIB
Pria, 19 tahun.

Izin bertanya, kalau tertelan obat sariawan "Gotik" apakah tidak apa2 karena penggunaannya dioles ?

Terimakasih telah bertanya seputar amankah jika tertelan obat sariawan gotik melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan anda, kami ingin menjelaskan sedikit tentang sariawan. 

Pengobatan yang dapat dilakukan pada sariawan adalah pengobatan simtomatik, yaitu dengan mengobati gejala-gejala yang timbul. Seperti mengurangi rasa sakit, serta mencegah terjadinya sariawan baru.

Untuk pengobatan Sariawan ringan dapat menggunakan obat kumur antibakteri, mengandung bahan khlorhexidin 0,2%

Untuk pengobatan sariawan yang ringan-sedang dapat menggunakan obat kumur antibakteri atau obat kumur mengandung lokal anestesi, contoh : benzydamine 0,15% atau lignocaine gel 2% dioles pada bagian yang sakit.

Untuk sariawan sedang-berat dapat menggunakan obat kumur antibakteri atau obat kumur mengandung lokal anestesi, contoh : benzydamine 0,15% atau lignocaine gel 2% dioles pada bagian yang sakit, berkumur dengan suspense Sukralfat 1g/5 ml, jangan ditelan. Ditambah obat analgetik (obat anti nyeri) jika diperlukan. Jika terdiagnosa adanya infeksi, berikan antibiotik pada infeksi bakteri, antivirus pada infeksi virus, dan antifungi pada infeksi jamur. Periksakan ke dokter spesialis penyakit mulut bila sariawan tidak sembuh lebih dari 2 minggu untuk dapat diperiksa lebih dalam apakah keadaan sariawan anda berhubungan dengan penyakit lainnya atau tidak.

Selain itu penting sekali untuk mengkonsumsi makanan yang tepat, seperti buah-buahan yang mengandung vitamin C, vitamin B12 1000mcg, banyak minum air putih, hindari makanan yang pedas dan diikuti dengan minum minuman yang dingin, olah raga yang teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga menurunkan resiko terjadinya sariawan yang disebabkan penurunan sistem imun.

Menjawab pertanyaan anda mengenai obat sariawan gotik (good antiseptik), dimana kandungannya adalah Povidone iodine 10%. Kegunaannya  untuk Menghentikan pendarahan, Mencegah infeksi pada luka. Yang harus diperhatikan adalah hati-hati jika digunakan pada penderita hypersensitive terhadap povidone iodine. Cara penggunaannya dioles pada sariawan atau luka, dan aman jika tertelan. 

Bacalah artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Cara Tangani Sariawan dengan Tepat

- Penyakit Sariawan

Cara Alami Mengobati Sariawan

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai amankah jika tertelan obat sariawan gotik, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar