Sukses

Tambalan Sementara Lepas Tinggal Setengah

25 Jun 2019, 08:15 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat sore dok. saya sehabis tambal gigi sementara sebelum nantinya ditambal permanent. sepertinya ditambal dengan bahan zinc phospate. pertanyaan saya, tambalan sementara yang saya miliki sudah tinggal setengah. apakah itu bermasalah ? lalu, saya sempat minta tambal ulang, jadi si Dokter menambahkan tambalan sementara(zinc phospate) ke tambalan yang tinggal setengah kemarin. namun sama saja, sudah tidak saya pakai 6 jam namun tetap tinggal setengah. apakah hal tersebut normal ? dan bagaimana cara merawat tambalan sementara agar tetap bisa digunakan ? terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang tambalan sementara lepas tinggal setengah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit mengenai tambalan sementara. Tambalan sementara adalah Tambalan yang dibutuhkan di antara perawatan gigi yang tidak dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan. Misalnya pada gigi yang berlubang cukup dalam sehingga tidak dapat langsung ditambal permanen, maka diberi obat didalamnya untuk meredakan ngilunya sementara karena dibersihkan, biasanya 3-5 hari sudah cukup. Setelah itu tambalan sementara dibuka untuk digantikan tambalan yang permanen seperti kasus anda. Biasanya setelah gigi sudah tidak ngilu, sebelum penambalan permanen, dokter gigi akan membersihkan kembali lubang gigi tersebut dengan bur agar bersih dan tidak ada tertinggal lagi jaringan gigi yang rusak.

Kasus lainnya tambalan sementara dilakukan pada perawatan saluran akar, di mana lubang gigi yang sedang dirawat tidak dapat dibiarkan terbuka, namun belum dapat dibuatkan restorasi akhir. Oleh karena itu dibuatkan tambalan sementara, di antaranya bahan semen zinc phosphat, atau zinc eugenol. Semen tersebut memiliki kelarutan yang cukup tinggi dan kekuatannya tidak begitu tinggi sehingga memang hanya bersifat sementara dan pembongkarannya pada saat kunjungan berikutnya tidak begitu sulit. Tambalan sementara juga bertujuan untuk memastikan apakah gigi masih bisa ditambal permanen atau tidak, karena kadang pada lubang yang dalam bisa jadi kuman sudah menembus ke tempat saraf walaupun kerusakan gigi terlihat belum sampai kamar saraf.

Tambalan sementara wajar bila terkikis sedikit demi sedikit asalkan tidak lepas seluruhnya. Jika terlepas setengah, coba perhatikan lagi apakah setengah permukaan kunyah atau setengahnya itu sampai terlihat dasar dari lubang giginya. Jika dasar kavitas masih tertutup maka anda tidak perlu datang kembali untuk memperbaiki tambalan sementara. Tapi jika dasar kavitas terbuka dan anda merasakan ada bau dan rasa obat didalam mulut, maka anda harus segera kembali ke dokter gigi untuk memperbaiki tambalan sementara tersebut.

Umumnya daya tahan tambalan sementara hanya 1-2 minggu, tapi ada juga bahan yang tidak sampai 1 hari sudah lepas. Hal ini tergantung oleh banyak faktor, bisa dari keahlian operator, kavitas basah kena ludah, kavitas terlalu dangkal, bahan tambalan sementara sudah kering dan lainnya. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tambalan sementara lepas tinggal setengah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar