Sukses

Penyebab Stroke
24 Jun 2019, 11:08 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat malam Dok, maaf mengganggu Saya 21 thn, sebelumnya saya pernah mengalami stroke ringan 3 kali dalam kurun waktu 7 tahun ini, gelanya terjadi setelah bagun tidur seperti sulit bicara dan mengungkapkan kalimat, penglihatan silau, keseimbangan kurang baik, kepala sakit sekali, dan berlangsung selama 3-6 jam. Dan setiap kejadian saya tidak pernah berobat. Untuk pertimbangan saya dan keluarga tidak punya riwayat stroke, darah tinggi, kolesterol, dsb. Tekanan darah pun selalu normal. Tapi sewaktu kecil (5 tahunan) kepala saya pernah ketiban batu bata dari ketinggian +- 4meter, apakah itu bisa jadi penyebab stroke ringan yg saya alami? Dan langkah apa yg harus saya ambil selanjutnya, apa membiarkannya atau harus konsultasi ke dokter walaupun sudah tidak kambuh? Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Stroke ringan bisa terjadi akibat sumbatan atau pecahnya pembuluh darah menuju otak yang menyebabkan kerusakan sel-sel otak sehingga kehilangan fungsinya. 

Gangguan fungsi dan keterampilan yang ditimbulkan akibat stroke ringan masih dapat dipulihkan dengan proses rehabilitasi seperti terapi. Terapi ini terdiri dari:

Terapi fisik

Belajar berjalan, duduk, berbaring, perubahan dari satu gerak ke gerak lain.

Terapi okupasi - belajar makan, minum, menelan, berpakaian, mandi, membaca, menulis, buang air.

Terapi wicara

Belajar keterampilan bahasa dan komunikasi. Komunikasi non verbal dengan bahasa tubuh dapat diterapkan sebelum dapat menggunakan komunikasi verbal (berbicara).

Terapi psikologis/psikiatrik

Untuk membantu meringankan stres mental dan emosional (seperti depresi) yang umumnya menyertai penderita stroke. Keadaan ini bisa timbul baik sebagai akibat lokasi kerusakan otaknya atau sebagai bentuk reaksi penderita terhadap stroke.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf agar dilakukan wawancara dan pemeriksaan lanjutan agar dilakukan penanganan lebih lanjut dan tepat. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar