Sukses

ulkus dan amputasi

21 Jun 2019, 09:10 WIB
Pria, 35 tahun.

luka ulkus bagaimana yg harus diamputasi

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter       

Ulkus sendiri merupakan istilah yang digunakan yang menjelaskan luka terbuka pada permukaan kulit atau selaput lendir. Ulkus dapat terjadi di kaki yang biasanya disebabkan penyakit diabetes, permukaan mulut atau biasa disebut sariawan, dan permukaan dinding lambung. Pada dasarnya, dalam keadaan normal ulkus bisa sembuh, mengering dan menutup dengan sendirinya. Dalam konteks ini yaitu amputasi, biasanya berhubungan dengan ulkus diabetikum atau ulkus yang diakibatkan oleh penyakit diabetes. 

Diabetes menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kecil yang biasanya berhubungan dengan gangguan saraf. Gangguan saraf yang paling umum adalah berkurangnya sensitivitas indera peraba yaitu kulit, apalagi di kaki memiliki ketebalan kulit yang tebal. hal ini menyebabkan kaki jadi tidak berasa jika terjadi luka yang tidak terasa nyeri. Selain itu, diabetes juga menghambat aliran darah ke bagian tersebut untuk membantu penyembuhan, ditambah tingginya kandungan gula memancing bakteri untuk datang ke tempat ulkus tersebut.

Maka dari itu jika ulkus sudah disertai infeksi (disebut Gangren), akan mengganggu sirkulasi daerah tersebut dan dapat menyebabkan kematian sel. Belum lagi risiko kalau bakteri dari ulkus tadi masuk ke pembuluh darah dan menginfeksi organ lain yang lebih penting. Kedua komplikasi dari ulkus tersebut yang menjadi indikasi amputasi guna mencegah keparahan yang lebih lanjut.

Sehubungan dengan hal ini, anda bisa baca:

diabetes menyebabkan amputasi

penyakit berisiko amputasi

perawatan luka diabetes

 

Demikian informasi seputar ketombe yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar