Sukses

Sisa Akar Gigi Gripis Menjadi Berwarna Gelap

21 Jun 2019, 12:16 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya punya gigi taring (atas) grupis atau keropos. Seiring waktu gigi tersebut habis dan tak tersisa. Namun, saya kira akar gigi masih ada pada gusi. Nah, saya perhatikan gusi saya ini yg bagian bekas gigi taring agak gelap / hitam. Apakah ada masalah? Karena gigi saya jadi ompong (akibat grupis tak tersisa, bukan tanggal), apakah bisa diberi gigi palsu? Terima kasih,

Terimakasih telah bertanya seputar sisa akar gigi gripis menjadi berwarna gelap melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit mengenai sisa akar gigi. Akar gigi yang tersisa pada gusi walaupun masih kuat seharusnya dicabut karena hal tersebut dapat dianalogikan seperti menyimpan "sampah" dalam rongga mulut, dimana sisa akar tersebut dapat menyebabkan infeksi pada jaringan sekitarnya. Pencabutan akar gigi juga harus dilakukan sesuai prosedur, indikasi dan sesuai juga dengan pertimbangan dokter gigi yang merawat Anda.  Pada beberapa kondisi dimana akar gigi sudah cukup terpendam dalam gusi terkadang tidak dapat dilakukan pencabutan dengan pencabutan biasaya dan harus dilakukan dengan operasi kecil. Pada kasus akar gigi yang masih kuat, dan masih tersisa sepertiga mahkota gigi, maka masih bisa dilakukan perawatan saraf gigi, lalu dibuatkan pin crown.

Pada kasus anda dimana bekas gigi taring menjadi gripis, memang sisa akar gigi masih  terpendam di dalam gusi dan tertanam kuat di pada tulang alveolar. Dan gigi taring agak gelap atau menghitam, adalah akibat karena saraf gigi sudah mati sehingga menyebabkan perubahan warna atau diskolorasi pada akar gigi sehingga berbayang hitam juga pada gusinya. Untuk menggantinya dengan gigi palsu, maka sisa akar gigi harus dilakukan pencabutan secara keseluruhan. Kemudian disarankan untuk menunggu waktu penyembuhan kurang lebih 1 bulan, baru bisa dilakukan prosedur untuk pembuatan gigi palsu.

Bacalah artikel berikut terkait pertanyaan anda :

- Biaya Memperbaiki Gigi Yang Berlubang Dan Sisa Akar

- Benarkah Bagian Dalam Gigi Bisa Busuk?

- Kondisi Gigi Buruk Bisa Sebabkan Kanker Mulut?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sisa akar gigi gripis menjadi berwarna gelap, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar