Sukses

Nyeri perut kanan bawah setelah operasi usus buntu

21 Jun 2019, 12:09 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok,saya dulu pernah operasi usus buntu tapi pas aku masih TK sekarang aku udah mau SMA.terus,hari ini perut saya rasanya sakit di bagian kanan bawah.dan kalau mau buang air besar itu susah.dan saya hari ini juga keputihan tapi warnanya bening nggak kayak biasanya.perut saya rasanya nyeri ber jam jam nggak sembuh sembuh.mohon bantuannya dok.....

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri perut kanan bawah menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Nyeri perut kanan bawah terjadi dan berkaitan dengan organ-organ yang terletak di bawah dari perut sisi kanan bawah. Beberapa organ tubuh yang terletak di perut bagian kanan bawah adalah kulit, otot, saraf, dan usus.

Untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung dan menyeluruh pada diri Anda.

Sejak kapan Anda merasakan keluhan-keluhan tersebut? Adakah ada perubahan pola BAB, seperti darah atau lendir pada BAB Anda? Apakah ada demam? Apakah buang air kecil Anda mengalami masalah seperti berdarah, nyeri?

Pada wanita, setiap nyeri perut, maka kelainan organ reproduksi harus di evaluasi terlebih dahulu. Kelainan organ reproduksi tersebut, bisa berkaitan dengan adanya infeksi organ reproduksi, adanya peradangan lain, endometriosis, peradangan pada adneksa (penunjang) rahim, adanya tumor ataupun kista. Sejumlah kondisi harus diperiksa secara langsung melalui wawancara dan pemeriksaan fisik. Apakah Anda mengalami keputihan, riwayat senggama saat haid, gangguan saat haid, bisa mempengaruhi kemungkinan penyebab.

Nyeri berkaitan dengan saluran cerna bisa saja terjadi bila ada konstipasi. Bila nyeri masih hilang timbul maka kecil kemungkinan disebabkan radang usus buntuk. Infeksi saluran kemih juga bisa menyebabkan kondisi demikian.

Sebaiknya Anda periksakan langsung kondisi Anda pada dokter umum atau dokter spesialis kandungan untuk kemudian dapat diperiksa adanya kemungkinan penyakit ke arah organ reproduksi, atau bahkan yang lainnya. Umumnya Anda akan menjalani pemeriksaan laboratorium darah dan pemeriksaan USG untuk memastikan apakah terdapat kelainan dari bentuk atau penyebab lainnya yang dapat menyebabkan keluhan.

Demikian informasi tentang nyeri perut kanan bawah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar