Sukses

Mengatasi Kapalan

21 Jun 2019, 12:50 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo dok, selamat malam syaa mau menanyakan perihal kapalan dok, kulit kaki adik saya kapalan dong, trus jadinya luka memerah gitu dok di kulit telapak kakinya karna di paksakan untuk bermain futsal. Solusi nya bagaimana ya dok untuk mengobati masalah kulit kaki adik saya. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Untuk menghilangkan kulit kapalan, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut:  

- Rendam dalam air hangat. Lakukan ini selama sekitar 5-10 menit atau hingga kulit melembut.

- Menggosok bagian kulit yang kapalan dengan batu apung. Pertama-tama celupkan batu apung ke dalam air hangat, dan kemudian gunakan batu itu dengan lembut untuk menggosok kulit. Gunakan gerakan memutar atau menyamping untuk menghilangkan sel kulit mati. Berhati-hatilah agar tidak mengelupas terlalu banyak bagian kulit terluar. Jika terlalu banyak dapat menyebabkan perdarahan dan infeksi.  

- Oleskan losion atau krim pelembap ke daerah tersebut setiap hari. Cari losion atau krim pelembap dengan asam salisilat, amonium laktat, atau urea. Bahan-bahan ini akan membantu melunakkan kapalan secara bertahap.

- Gunakan bantalan atau pelapis. Untuk melindungi kapalan dari iritasi lebih lanjut selama aktivitas, gunakan bantalan atau semacam plester. Hal ini dapat mengurangi gesekan dan mencegah kapalan kontak langsung dengan sepatu.

- Kenakan sepatu yang pas. Salah satu penyebab tersering kapalan adalah sepatu yang ukuran dan bentuknya tidak pas di kaki Anda. Untuk itu, pilih sepatu yang tidak terlalu longgar atau terlalu sempit.

- Jaga agar kuku kaki Anda tetap terpotong. Kuku jari kaki yang terlalu panjang dapat memaksa jari-jari kaki untuk mendorong sepatu Anda ke atas. Hal ini dapat menyebabkan kapalan terbentuk dari waktu ke waktu. Untuk menghilangkan tekanan ini, potong kuku Anda secara teratur.

Sebagian besar kapalan di kaki akan berangsur-angsur hilang ketika Anda dapat merawatnya dengan baik serta menghindari gesekan atau tekanan berulang. Namun, jika Anda tidak yakin dengan apa yang menyebabkan kapalan, jika terasa sangat menyakitkan, atau jika Anda memiliki penyakit penyerta lain, seperti Diabetes, konsultasikan dengan dokter Anda.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar