Sukses

Bisul di Payudara

21 Jun 2019, 13:01 WIB
Wanita, 55 tahun.

seperti bisul sebesar biji kemiri di payudara kiri di bawah puting, memerah, tidak sakit dan mengeras.sudah seminggu. pernah setahun lalu di tempat yang sama tapi sembuh tanpa diobati. sekarang muncul lagi. apakah ini? apa yang harus saya lakukan? hari ini sudah ke dokter diberikan salep dan antibiotik.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya mengenai bisul di payudara melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Sebelumnya ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan. Apakah bisul/jerawat tersebut menyebabkan demam? Apakah anda sedang menyusui? Apakah payudara terasa bengkak?

Apabila payudara tidak terasa bengkak, tidak demam, kemungkinan infeksi terbatas pada kulit. Apabila payudara bengkak dan anda demam kemungkinan infeksi sudah mencapai jaringan payudara dalam dunia medis disebut dengan mastitis. Mastitis, yaitu radang saluran air susu di payudara. Kondisi ini terjadi pada ibu menyusui.

Bagaimana dengan lokasi bisul dengan areola, apakah sangat dekat? Apakah ada kemungkinan bisul akan mengenai mulut bayi? Apabila iya, sebaiknya Anda mengistirahatkan payudara yang ada bisulnya untuk tidak disusukan langsung ke bayi. Namun, ASI tetap harus dikeluarkan dengan cara dipompa. 

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah pembersihan dengan antiseptik dan berikan antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) seperti asam fusidat ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Pembedahan dilakukan bila bisul menjadi abses, ditandai tengan terbentuknya kantong kemerahan berisi cairan karena infeksi dari bisul semakin dalam.

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ditata laksana secara optimal. Pemeriksaan terutama penting untuk mengetahui apakah keluhan Anda adalah bisul biasa atau mastitis. Konsultasi perlu Anda lakukan bila Anda sedang menyusui terkait pemilihan obat yang aman.

Demikian informasi ini kami sampaikan mengenai bisul di payudara, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar