Sukses

Beda ukuran minus mata dan selaput mata

21 Jun 2019, 09:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok saya mau tanya soal mata.. Saya Punya mata minus dan silinder, dimata kanan sya minus 12 dan silinder 2, dmata kiri saya minus 9 dan silinder 2, sya pake kaca mata yg ukuranny sama minus 9 dan silinder 2.. trus dok di kedua mata saya setiap kali saya melirik kaya ada selaput mata yang mengeriput, tapi gak perih cuma terasa gak nyaman aja, itu artinya apaya.. , bahaya gak.., trs cara ngilanginnya gmna??.. Mohon Penjelasannya Dok Terima kasih.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terimakasih telah bertanya mengenai beda ukuran minus mata dan selaput mata menggunakan Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan yang Anda alami disebut juga dengan anisometropia. Anisometropia adalah kondisi dimana kedua mata memiliki kekuatan refraksi yang berbeda. Bisa berupa rabun jauh (miopi atau mata minus) atau rabun dekat (hipermetropia atau mata plus). 

Jika dibiarkan lebih lanjut, anisometropia dapat menyebabkan amblyopia atau lazy eyes. Mata malas atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan ambliopia terjadi karena penurunan ketajaman penglihatan akibat dari rangsangan pada mata yang berkurang. Karena terjadi penurunan ketajaman penglihatan, informasi yang diterima otak menjadi salah. Otak akan memprioritaskan bayangan yang datang dari mata yang sehat dan mengabaikan bayangan dari mata yang lebih lemah atau mata ambliopia.

Hal ini akan memperparah mata yang mengalami ambliopia karena mata tersebut tidak digunakan. Dengan demikian, mata akan selalu berdeviasi dan mata tersebut tidak pernah akan belajar untuk melihat dengan baik,  akibat mata tersebut selalu mendapat supresi (penekanan) pada penglihatan.  Karena tidak pernah digunakan, maka minus mata semakin bertambah banyak.

Ambliopia apabila ditemukan pada kanak-kanak maka dapat diatasi dengan menggunakan patching atau penutup untuk mata yang sehat. Menutup mata yang sehat akan melatih mata malas tersebut untuk bekerja lebih baik dan memperbaiki daya pandang. Namun apabila ambliopia ditemukan pada dewasa, umumnya angka keberhasilan akan sangat rendah.

Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk melakukan terapi terhadap mata Anda.

Hal yang serupa juga berlaku sama dengan kelainan astigmatisme. Silindris disebut juga astigmatisme, merupakan kelainan refraksi pada kornea atau lensa mata. Hal ini disebabkan karena kelengkungan kornea atau lensa mata tidak seragam.

Kelainan reftaksi pada astigmatisme menyebabkan banyangan jatuh tidak pada satu titik, akhirnya menyebabkan benda tampak kabur. Hal ini terjadi karena kelengkungan kornea  atau lensa yang tidak simetris seperti bola.

Penyebab dari astigmatisme masih belum diketahui namun belum ada yang menyebutkan bahwa penyakit ini adalah penyakit genetik. Kelainan refraksi ini dapat dikoreksi dengan lensa silindris atau dengan pembedahan mata.

Mata minus selain dipengaruhi oleh faktor genetik bentuk bola mata juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Kecepatan terjadinya minus juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

 

Untuk selaput mata yang Anda ungkapkan kemungkinan Anda mengalami pterygium di mata. Namun, diagnosis pasti baru dapat ditegakkan setelah melakukan pemeriksaan fisik langsung. 

Pterygium adalah penyakit mata di mana terjadi suatu pertumbuhan selaput merah atau putih di sudut mata, yang semakin lama dapat semakin membesar. Akhirnya lama-kelamaan, pterygium ini dapat menutupi bagian hitam bola mata (pupil) dan mengakibatkan gangguan penglihatan.

Jika pterygium belum sampai menutupi pupil, tidak ada terapi yang perlu dilakukan, kecuali menghindari sinar matahari dan angin berlebihan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan topi dan kaca mata hitam.

Namun apabila sudah menutupi bagian pupil dan mengganggu penglihatan, harus dilakukan operasi untuk mengangkat jaringan tersebut, agar penglihatan Anda dapat kembali seperti semula. Operasi ini adalah operasi kecil yang hanya memerlukan bius lokal, dan relatif aman.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar beda ukuran minus mata dan selaput mata, semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar