Sukses

Hasil Pemeriksaan Gula Darah

21 Jun 2019, 06:12 WIB
Pria, 25 tahun.

Asalamualaikum.mohon maaf dok saya minta saran dan masukannya. Siang tadi saya periksa ke lab karena sudah rutinitas untuk cek gula darah,kolesterol dan asam urat satu bulan kemarin sebelum bulan puasa saya cek ke lab hasilnya normal gula darah saya 107. Dan tadi saya cek lagi gula darah sayaenyentuh angka 220. Saya kaget dok apakah saya terkena diabetes? Tapi saya tidak menemukan gejala seperti sering kencing di malam hari, gatal2 atau penglihatan kabur. Mohon pencerahannya dok terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Perlu kami konfirmasi terlebih dulu, saat Anda melakukan pemeriksaan gula darah yang terakhir, apakah dilakukan dalam waktu dekat setelah makan? Jika ya memang bisa terjadi seperti itu. Namun, angkanya baik untuk gula darah sewaktu maupun setelah makan, tetap tergolong tinggi.

Sebagai informasi, batasan nilai normal pemeriksaan gula darah adalah sebagai berikut:

1. Gula darah puasa <126 mg/dL

2. Gula darah 2 jam setelah makan (2 jam post prandial) <140 mg/dL

3. Gula darah sewaktu <200 mg/dL

Untuk saat ini, Anda belum bisa dikatakan mengalami diabetes. Perlu evaluasi ulang dan evaluasi lanjut untuk itu. Terlebih, usia Anda masih tergolong muda.

Saran kami, sebaiknya ulangi pemeriksaan gula darah, yakni gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan dan HbA1c. Ketiga pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk memastikan apakah Anda betul mengalami diabetes atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar