Sukses

solusi agar tidak ketergantungan dengan alprazolam

20 Jun 2019, 10:49 WIB
Pria, 40 tahun.

solusi lepas dari alprazolam

Terima kasih telah bertanya seputar solusi agar tidak ketergantungan dengan alprazolam melalui fitur Tanya Dokter.

Banyak para pasien yang sulit melepaskan diri dari obat ini awalnya memakai obat ini untuk terapi yang disarankan dokter dan dosisnya kecil. Namun karena kurangnya kontrol dan edukasi dokter yang kurang kepada pasien tentang efek obat ini, ada kecenderungan kenaikan dosis dipicu oleh keinginan pasien mendapatkan rasa nyaman yang biasanya mulai menghilang karena efek obat mulai tidak terasa pada dosis kecil (toleransi).

  • Untuk mencegah hal ini sebenarnya yang disarankan adalah jika memang perlu menggunakan obat penenang maka sebaiknya dipilih obat penenang yang waktu paruhnya relatif panjang atau menengah. Hal ini karena obat penenang dengan masa waktu habis di dalam darah yang panjang lebih kurang menimbulkan efek ketergantungan dan toleransi yang cepat dibandingkan dengan obat yang dengan waktu paruh pendek/singkat.
  • Pakailah dosis optimal terkecil dan dalam jangka waktu yang singkat. Inilah salah satu cara juga untuk menghindari ketergantungan dan toleransi dalam menggunakan obat penenang.
  • Lakukan pengalihan fokus depresi anda dengan kegiatan lain yang dapat mengurangi depresi anda. Seperti kegiatan yang berkaitan dengan hobi atau kegemaran anda, seperti berlibur, olahraga, makan makanan yang anda sukai, atau dengan sekedar berbelanja barang yang anbda sukai.

Tetapi jika anda merasa masih ketergantungan sebaiknya coba konsultasikan denga dokter spesialis kejiwaan atau psikiatri agar anda mendapat penanganan yang tepat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar