Sukses

TB Paru berulang

20 Jun 2019, 10:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang, Dokter. Beberapa hari belakangan saya batuk-batuk namun masih jarang-jarang batuknya. Yang saya khawatirkan adalah saya punya riwayat penyakit TBC Flex Paru-paru namun sudah dinyatakan sembuh total pada November 2018 setelah berobat jalan selama 9 bulan nonstop. Saya mau tanya, apakah saya masih rawan untuk terkena kembali penyakit tersebut? Atau memang penyakit itu tidak akan kambuh kalau sudah selesai? Terima kasih banyak sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya seputar kemungkinan kambuhnya TB Paru melalui fitur Tanya Dokter.

Setelah sembuh, sebagian penderita tuberkulosis dapat mengalami kekambuhan. Kekambuhan infeksi tuberkulosis dapat terjadi karena adanya infeksi baru atau adanya kuman yang tersisa dari infeksi sebelumnya yang berkembang kembali.

Berbeda dengan infeksi baru, infeksi berulang pada tuberkulosis membutuhkan waktu pengobatan yang lebih lama. Selain itu, jenis obat yang digunakan pun lebih banyak.

Berdasarkan penelitian, orang yang pernah sakit tuberkulosis memiliki risiko yang lebih besar terinfeksi kembali dibandingkan orang yang belum pernah sakit. Alasan mengapa hal ini terjadi sampai saat ini masih belum jelas.

Adanya pajanan dengan sumber infeksi lain yang belum diobati merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kambuhnya kembali penyakit tuberkulosis. Misalnya, ada anggota keluarga, rekan kerja, atau orang yang tinggal serumah yang belum diketahui mengalami penyakit tuberkulosis.

Selama masih ada sumber penularan penyakit tuberkulosis di lingkungan tempat tinggal Anda maka semakin tinggi risiko berulangnya penyakit tuberkulosis. Selain itu, adanya kelemahan daya tahan tubuh seperti pada pasien HIV, gizi buruk, atau orang yang meminum obat-obatan penekan sistem imun dalam jangka waktu lama juga berisiko mengalami infeksi tuberkulosis kembali setelah sembuh.

Berikut beberapa artikel kami lampirkan sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar