Sukses

haid tidak teratur setelah lepas dari KB

20 Jun 2019, 10:36 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat Siang Dok, saya mohon dibantu, pada bulan maret dan april 2019 kemarin saya coba mengkonsumsi pil KB sebagai pengumpan agar saya haid dok, setelah 2 tahun lepas KB suntik saya tida haid. alhamdulillah berhasil saya haid dan sesuai dengan jadwal, namun bulan mei 2019 saya coba tidak mengkonsumsi pil kb. haid terakhir saya tgl. 24 April siklus 4 hari. tgl 07 mei keluar flek berwarna coklat selama 2 hari dok tapi jarang-jarang, tgl 18 mei sama dok keluar flek coklat lagi selama 4 hari tapi seperti halnya haid, tgl 29 mei keluar lagi flek coklatnya dok sama seperti tgl 18 dok, tgl 08 juni juga dok keluar lagi flek coklat. rata-rata flek coklatnya hampir sama dok selama 3-4 hari, mohon bantuannya dok.

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur setelah lepas dari KB melalui fitur Tanya Dokter.

Siklus haid umumnya dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya. Normalnya, siklus haid berlangsung setiap 21-35 hari, dengan durasi selama 3-7 hari dan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari. Apabila siklus haid terjadi di luar batas-batas wajar tersebut di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Pil KB dapat membuat siklus menstruasi Anda tidak teratur (bisa menjadi lebih cepat atau lebih lama). Biasanya Pil KB dikonsumsi orang yang akan berangkat umrah untuk menahan siklus menstruasi. Dalam kasus anda ini memang sepertinya pil KB tersebut yang menyebabkan ketidakteraturan siklus haid anda. Untuk itu perlu dihentikan penggunaan pil KB tersebut dan jika keluhan masih terus berlanjut sebaiknya coba konsultasikan dan periksakan diri anda secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar