Sukses

Sehabis Tambal Gigi Apakah Boleh Dipakai Mengunyah?

19 Jun 2019, 00:32 WIB
Pria, 27 tahun.

selamat pagi Dok. saya sehabis tambal gigi. sekarang sudah kedatangan kedua, gigi geraham saya sudah di bor(dirapihkan) di bersihkan dan dipasang semacam gel, awalnya gel tersebut rada lunak, tapi skrg sudah mengeras. pertanyaannya : apakan nama elemen gel tersebut ? apakah boleh dipakai untuk mengunyah ? makanan apa saja yg tidak boleh dipakai menguyah dengan tambalan sementara ini (maupun tambalan permanen nanti) ? masalahnya, gigi geraham saya yg sebelah nya lagi jg sdh agak bolong jadi kurang nyaman dipakai mengunyah terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang sehabis tambal gigi apakah boleh dipakai mengunyah melalui fitur Tanya Dokter.

Setelah melakukan penambalan gigi tentunya anda sangat ingin menggunakan gigi tersebut untuk makan. Namun perlu diperhatikan jika gigi anda ditambal sementara maka tidak boleh langsung makan, sebaiknya tunggu 1-1,5 jam agar tambalan sementara mengeras baru anda boleh makan. Sedangkan karena tambalan gigi anda jenis Composite atau Glass ionomer, maka anda bisa langsung menggunakan gigi untuk mengunyah. Cara menjaga agar tambalan awet dan tidak rusak adalah dengan selalu menjaga kebersihannya. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, pagi setelah makan dan malam sebelum tidur (terutama di bagian gigi yang ditambal) dan membersihkan karang gigi 6 bulan sekali. Larangan makan dan minum tidak ada. 

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan bahwa gigi anda dipasang semacam gel yang agak lunak lalu mengeras, dugaan kami adalah tambalan Glass ionomer. Tambalan Glassionomer adalah tambalan permanen yang melepas Fluor sehingga baik sekali jika digunakan untuk gigi berlubang yang sudah dalam. Pengadukan bahan Glass Ionomer bisa dengan pengadukan manual atau dengan mixer di dalam bentuk kapsul. 

Setelah gigi geraham anda sudah selesai ditambal sebaiknya lanjutkan perawatan tambal gigi untuk gigi geraham sebelahnya lagi yang sudah agak bolong. Supaya lubang gigi tidak bertambah dalam dan bisa nyaman digunakan untuk mengunyah.

Bacalah artrikel berikut ini terkait pertanyaan anda:

- Rupa-rupa Tambalan Gigi

- Tambalan Gigi Permanen yang Lepas

 

- Gusi Bengkak Setelah Tambal Gigi, Ini Penyebabnya

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sehabis tambal gigi apakah boleh dipakai mengunyah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar