Sukses

Tenggorokan Terasa Mengganjal

18 Jun 2019, 10:05 WIB
Wanita, 44 tahun.

dok, pertengahan puasa kemarin saya merasakan sensasi menggal di tenggorokan, setelah saya lihat ada bintil2 kecil pada pangkal lidah dan tenggorokan, tapi tidak terasa sakit, warna sama dengan warna lidah dan tenggorokan. Kira-kira apa ya dok ?

Terima kasih telah bertanya mengenai tenggorokan mengganjal melalui fitur Tanya DokterHalo,

Rasa mengganjal pada tenggorokan dapat disebabkan oleh karena peradangan atau infeksi, alergi, iritasi, benda asing, maupun penyakit pada saluran pencernaan.

Mungkin saja Anda mengalami semacam alergi atau infeksi yang dapat menyebabkan post nasal drip (aliran cairan/ingus dari hidung ke tenggorokan/PND). Ingus dari rongga hidung bagian belakang mengalir ke arah tenggorokan sehingga penderita sering merasakan ada aliran dari arah belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk atau rasa napas tidak lega.

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, kami sarankan Anda untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam secara teratur, dll.

Selain itu, periksakan kondisi Anda secara langsung ke dokter spesialis THT agar dapat diberikan penanganan yang sesuai, bila disebabkan infeksi bakteri maka akan diberikan antibiotik.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan mengenai tenggorokan mengganjal. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar