Sukses

Gigi Sakit Setelah Pembersihan Karang Gigi
17 Jun 2019, 10:36 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, beberapa hari yang lalu saya mengalami sakit gigi geraham pada bagian kanan atas. Semakin hari, sakitnya semakin menyiksa. Kemudian saya memeriksakan ke dokter gigi terdekat 2 hari yang lalu, dan diagnosanya adalah karang gigi yang cukup banyak pada area tersebut, sehingga dilakukan deep scaling dan spooling. Namun sampai sekarang, sakitnya terkadang masih terasa meskipun tidak separah sebelumnya (Sakit yang dirasakan sampai pada bagian sekitar hidung dan pipi, bahkan kadang sampai ke dahi). Bisa mohon solusinya dok? Terima kasih.

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi yang sakit setelah pembersihan karang gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi Anda yang terasa sakit atau ngilu setelah pembersihan karang gigi dapat disebabkan oleh bagian akar gigi yang sebelumnya tertutup karang gigi menjadi terbuka dan sensitif setelah karang gigi dibersihkan.

Penyebab umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota.

Bila memang ngilu gigi akibat karang gigi, maka seharusnya ngilunya akan hilang bila karang gigi sudah dibersihkan. Namun jika ngilu gigi belum hilang, pasti ada penyebab lainnya.

Jika dalam waktu 5 hari gigi masih terasa sakit ada baiknya segera lakukan pemeriksaan kembali dengan dokter gigi, untuk dilakukan pemeriksaan lebih mendalam.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar