Sukses

Makan Setelah Cabut Gigi

17 Jun 2019, 10:05 WIB
Wanita, 25 tahun.

Halo Dok, Kemarin saya baru selesai cabut gigi atas bagian belakang. Menurut instruksi dokter, saya harus menggigit kapas yang diberikan selama 1 jam, baru setelah itu boleh makan & minum. Pertanyaan saya, setelah 1 jam itu apakah saya harus tetap menambal lubang gigi yang dicabut tadi dengan kapas baru pada saat makan?

Terimakasih telah bertanya seputar bagaimana makan setelah cabut gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Setelah pencabutan gigi Anda tetap dapat makan dan minum seperti biasa, baik pencabutan bisa ataupun kasus dengan komplikasi. Yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya pilih makanan yang lunak, hindari makanan dan minuman yang terlalu panas.

Jika ada makanan yang terjebak di lubang bekas pencabutan, sebaiknya jangan dicongkel-congkel dengan benda apapun termasuk dengan jari atau lidah. Sebaiknya kumur sangat perlahan dan hati-hati dengan air hangat, atau bisa juga dengan air garam hangat.

Namun ada baiknya Anda baru makan 1-2 jam setelah pencabutan, dan untuk sementara dapat mengunyah satu sisi yaitu sisi yang sehat (di seberang gigi yang dicabut). Tapi saat luka pencabutan sudah cukup pulih, Anda dapat kembali mengunyah dua sisi. Kapas yang menempel sebaiknya tidak ditempatkan pada daerah yang dicabut saat makan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sulit makan setelah cabut gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar