Sukses

Penyebab Gusi Bengkak Dan Sangat Ngilu

16 Jun 2019, 19:51 WIB
Pria, 24 tahun.

halo dokter, saya mau bertanya, kenapa di gusi saya terasa bengkak dan sangat ngilu, ada benjolan saya rasakan pake lidah, bagaimana cara mengatasi bisul yg terasa ngilu itu., udah 2 minggu saya merasakan , saat makan benar2 ngilu, saya lebih milih lapar dari pada kesakitan yg saya alami sekarang, tolong dijawab dok, terimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar penyebab gusi bengkak dan sangat ngilu melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi yang bengkak merupakan salah satu tanda gusi sedang meradang akibat infeksi atau kondisi lainnya, apakah ada gigi Anda yang berlubang disekitar gusi yang bengkak? apakah ada sisa akar pada sekitar area yang mengalami sakit ?. Tanda-tanda pada gusi yang mengalami peradangan adalah gusi lebih mudah berdarah bila kena sikat gigi dan berwarna merah terang, dan gusi membengkak.

Penyebab paling umum dari peradangan gusi adalah kebersihan mulut yang kurang terjaga, sehingga banyak terjadi penumpukan plak dan karang gigi di daerah gusi yang berbatasan dengan gigi namun ada juga penyebab lainnya seperti penyakit sistemik dan hormonal.

Jika pembengkakan gusi berada di daerah akar gigi, dan tampak adanya bintik putih atau mengeluarkan nanah, maka kemungkinan yang terjadi adalah abses yaitu semacam bisul berisi nanah yang disebabkan infeksi gigi yang berlubang. Untuk menyembuhkan gusi bengkak, perlu diketahui terlebih dulu sumber penyebabnya dan untuk mengetahui penyebabnya tentu saja diperlukan bantuan dokter gigi lalu baru dapat dipastikan terapi yang diperlukan. Terapi awal yang biasanya diberikan adalah pemberian antibiotik. Sebaiknya periksakan keadaan Anda segera ke dokter gigi agar diketahui pasti penyebab dari kelainan pada gusi serta dapat diberikan terapi yang sesuai.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Abses Gigi

Abses Gusi

- Menghindari Abses Gigi

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penyebab gusi bengkak dan sangat ngilu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar