Sukses

Pemberian Madu Untuk Bayi

15 Jun 2019, 11:08 WIB
Wanita, 7 tahun.

Dok, anak saya umurnya 6 bulan, saya berikan madu saat batuk. Dan sekarang anak saya dalam 1 hari BAB 2 - 3 kali, ini sudah berlangsung slma 2 hari. Apa ada cara untuk mengatasinya dok ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Madu tidak boleh diberikan pada bayi dibawah usia 1 tahun, dikarenakan dapat meningkatkan risiko penyakit botulisme. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat dari madu, akan tetapi madu mempunyai risiko yaitu dapat terkontaminasi dengan spora Clostridium Botulinum dan infeksi saluran pencernaan.

Mengapa hanya pada bayi 1 tahun?

Pada usia dibawah 1 tahun sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga spora yang masuk ke dalam pencernaan tidak mampu dimatikan oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung seperti pada pencernaan anak diatas 1 tahun dan orang dewasa. 

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan bertambahnya frekuensi BAB >3 kali/hari disertai perubahan konsistensi tinja (menjadi cair/lembek), dengan/tanpa darah dan/atau lendir. Biasanya dengan adanya lendir itu sudah ada infeksi dari parasit (disentri).

Ada banyak yang dapat menyebabkan mencret pada anak. Beberapa penyebabnya adalah infeksi virus dan bakteri (kuman). Namun pada anak-anak yang paling sering menyebabkan diare adalah infeksi virus, seperti rotavirus. Yang ditandai dengan diare yang sangat banyak bisa melebihi 10 - 15 x sehari, dan berisi air ditandai juga dengan demam.

Indikator paling mudah untuk melihat anak kekurangan cairan atau tidak adalah melihat BAK anak. Perhatikan BAK anak, kalau sudah mulai berkurang dan berwarna pekat, merupakan tanda anak kekurangan cairan. Jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus. Tanda lainnya adalah tidak adanya air mata sewaktu anak menangis dan anak menjadi lemas. Apabila sudah ada tanda-tanda kekurangan cairan, segera bawa anak ke dokter atau UGD/Emergency.

Kami sarankan apabila diare sudah semakin banyak dan anak sulit makan atau minum serta tidak ada perbaikan segera bawalah ke dokter. Perlu diingat pengobatan diare untuk anak sangat berbeda dengan orang dewasa, obat diare untuk orang dewasa tidak boleh digunakan untuk anak-anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar