Sukses

Sakit hidung
14 Jun 2019, 13:37 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat siang dok, Saya pria berusia 30 tahun, mau tanya gejala sakit yg saya alami Di dalam hidung saya seperti ada lendir tapi tidak keluar dari hidung, terkadang keluar dahak kental. Saat nafas panjang berasa sakit sampai kepala sebelah kiri. Ini gejala flu biasa atau seperti apa ya? Soalnya saya tidak berasa demam, hanya badan agak pegal2. Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima Kasih sudah bertanya seputar sakit hidung melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Pilek kondisi pada hidung dimana terjadi pengeluaran cairan atau mampet pada hidung dapat disebabkan infeksi virus, bakteri ataupun akibat penyebab lainnya.

Gejala penyerta pilek diantaranya demam, nyeri seluruh badan, dingin atau berkeringat, sakit kepala, batuk, lemah dan merasa lelah, hidung tersumbat, nyeri tenggorokan

Salah satu gejala pilek sebelah hidung biasa terjadi pada jenis obstruksi saluran hidung atau jenis pilek/rhinitis vasomotor. pada jenis obstruksi biasanya sering pada anak, hidung cendering bau, dapat pula pada orang orang dengan kelainan bentuk batas hidung.

pada rhinitis vasomotor gangguan terdapat pada pembuluh darah hidung yang terlalu sensitif di salah satu sisinya akibatnya terdapat gejala pilek di satu sisi terkadang sering berpindah antara hidung satu dan lainnya.

apabila terjadi gangguan pada hidung, ruang sinus, tenggorokan, telinga juga sering terpengaruh karena memiliki hubungan satu sama lainnya. apabila timbul sakit kepala maka harus diteliti mana yang lebih dahulu muncul pilek atau sakit kepala karena beberapa jenis sakit kepala juga sering menyebabkan pengeluaran cairan dari hidung (pada migraine)

pencegahan pilek yang dapat dilakukan

- mencuci hidung

- mencuci tangan

- konsumsi buah dan vitamin C

- istirahat cukup

- minum air cukup 2 -3 L/hari

- diet seimbang

- berhenti merokok

Untuk pengobatan sendiri Anda dapat membeli obat pereda gejala yang dijual bebas yaitu dekongestan untuk hidung dan parasetamol untuk sakit kepala bila tidak membaik berarti kondisi ini memerlukan tatalaksana lanjutan seperti cuci hidung rutin dan pemberian obat seemprot hidung pelu terlebih dahulu Anda konsultasikan kepada dokter spesialis THT.

Demikian kami sampaikan informasi seputar sakit hidung, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar